Ketahui Faktanya Bansos Cair Sebelum Puasa

Ketahui Faktanya Bansos Cair Sebelum Puasa, Ada BLT Tunai Senilai Rp 200.000 untuk 18,8 juta KPM

Bansos Cair Sebelum Puasa – Sebelum Ramadhan 2022, Kementerian Sosial (Kemensos) akan menyalurkan bantuan sosial tambahan (bansos) kepada masyarakat yang memiliki kartu sembako, menurut kementerian.

Keputusan itu diambil setelah Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini bekerja sama dengan Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani mengkoordinasikan penyaluran tambahan anggaran bansos yang telah disetujui Kementerian Keuangan (Kemenkeu).

Menurut informasi yang disampaikan di Jakarta, Minggu (27 Maret 2022), bantuan sosial yang dicairkan sebelum puasa dirangkum sebagai berikut:

Baca Juga : Berikut kualifikasi dan tata Cara Daftar Bansos PBI menjadi Peserta BPJS Kesehatan gratis yang akan habis masa berlakunya pada Maret 2022.

1. Telah ditugaskan ke 18,8 juta KPM.

Selama pandemi Covid-19, tambahan bantuan sosial ini diberikan kepada 18,8 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM) sebagai bagian dari Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

“Dulu saya WA (Whatsapp) Bu Menteri Keuangan agar kami dapat menyalurkan tambahan (bantuan sosial) tambahan untuk kemaslahatan para penerima manfaat. Alhasil insya Allah akan kami terbitkan sebelum puasa” memberikan bantuan kepada korban banjir bandang di Kabupaten Malang, Menteri Sosial Tri Rismaharini mengucapkan terima kasih.

Menteri kelahiran Surabaya itu menyatakan, sesuai instruksi Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, percepatan penyaluran bansos akan dilakukan sebelum bulan Ramadhan.

“Hal ini karena permintaan Presiden agar kami membantunya dalam memperlancar tiga bulan pertama tahun ini. Dan ini juga bisa karena hari puasa sudah dekat, kami akan membantu Anda” jelasnya.

2. Distribusi tidak harus berbentuk barang berwujud.

Menteri Sosial Tri Rismaharini menyatakan, Presiden Jokowi juga telah menerbitkan Peraturan Presiden (Perpres) tentang penyaluran bansos, dan mendorong penyaluran bansos dalam bentuk pelayanan bukan dalam bentuk harta benda.

BACA JUGA:  Bingung Harus Memilih Yang Mana ( Xiaomi 12 atau Realme GT 2 Pro ) ? Ini Adalah Perbandingan Spesifikasinya

“Yang jelas aturan dalam Perpres itu tidak harus berupa barang, melainkan bisa berupa jasa yang menjadi pilihan penerima manfaat, dan tidak boleh dikemas. Jadi keputusan ada di tangan Anda, Perpres mengaturnya, tetapi dalam bentuk kering, baik dalam bentuk uang atau barang, oleh karena itu, keputusan ada di tangan Anda,” lanjutnya menjelaskan.

3. Syarat dan Ketentuan Menerima Bantuan

Perlu diketahui, pemerintah juga memberikan bantuan tambahan berupa kartu sembako senilai Rp 200 ribu. Di antara mereka yang akan mendapat manfaat dari bantuan tambahan ini adalah KPM BPNT, yang masing-masing akan menerima kontribusi tambahan.

Sejauh ini, pemerintah telah mencairkan BPNT kepada 18,8 juta KPM, menurut database KPM. Pemerintah telah menyiapkan dana Rp 45,12 triliun untuk program bantuan sosial yang akan diberikan kepada warga di tahun mendatang.

4. Teknik Distribusi

Teknis penyaluran BST akan dilakukan seperti biasa melalui kantor pos, sedangkan penyaluran BPNT dan PKH akan dilakukan melalui jaringan Himpunan Bank-Bank Negara (Himbara).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *