Bingung Harus Memilih Yang Mana ( Xiaomi 12 atau Realme GT 2 Pro ) ? Ini Adalah Perbandingan Spesifikasinya

Memasuki awal kuartal kedua 2022, sejumlah vendor teknologi kian gencar meluncurkan smartphone andalannya di pasar ponsel Indonesia. Dua brand smartphone yang merilis produk flagship dengan waktu berdekatan adalah Realme dan Xiaomi.

Realme meluncurkan Realme GT 2 Pro di Indonesia pada 22 Maret 2022, sedangkan Xiaomi merilis Xiaomi 12 Series pada 7 April 2022.

Marketing Director Realme Indonesia, Palson Yi, mengatakan Realme GT 2 Pro menjadi smartphone pertama yang kami aplikasikan dengan bodi smartphone bio-polimer, menjadikannya flagship smartphone premium pertama yang ramah lingkungan.

Sementara Country Director Xiaomi Indonesia, Alvin Tse, mengklaim kehadiran Xiaomi 12 series merupakan respons Xiaomi atas permintaan pasar ponsel flagship yang inovatif, memiliki desain elegan, tanpa mengorbankan fitur-fitur dan performa powerful-nya.

Xiaomi 12 dan realme GT 2 Pro pastinya memiliki daya tarik masing-masing bagi konsumen di Tanah Air. Dengan persaingan di segmen yang sama, membuat konsumen yang meminatinya mungkin sedikit bingung untuk menentukan pilihannya.

Agar tidak bingung menentukan pilihan, berikut perbandingan XIAOMI 12 dan REALME GT 2 PRO.

LAYAR

Xiaomi 12 memiliki layar AMOLED 6,28 inci built-in dengan resolusi Full HD+, sedangkan Realme GT 2 Pro menawarkan spesifikasi layar yang lebih baik dengan panel E4 AMOLED 6,7 inci beresolusi QHD+ dan hadir dengan teknologi LTPO 2.0.

Karena kecepatan pemutakhiran, Xiaomi 12 dan realme GT 2 Pro menawarkan kecepatan pemutakhiran tinggi 120 Hz. Keduanya disarankan untuk memberikan transisi yang mulus saat menggulir media sosial, menonton video, atau bermain game.

Meskipun kecepatan peningkatan serupa, Realme memberikan kecepatan pemilihan sentuh yang lebih tinggi pada 1000 Hz, sedangkan Xiaomi 12 memiliki tingkat pemilihan sentuh 480 Hz.

BACA JUGA:  Gratis,,, 10 Anti Virus Terbaik Untuk PC Atau Laptop

Perbedaan frekuensi pola sentuh ini terasa tergantung bagaimana layar merespon sentuhan, terutama saat bermain game.

Untuk melindungi layar dari goresan dan benturan, kedua smartphone flagship ini melindungi layar dengan lapisan Corning Gorilla Glass Victus. Keduanya juga dikemas dengan fitur HDR10+.

DESAIN

Xiaomi 12 dan Realme GT 2 Pro memiliki desain yang tampak serupa dalam warna-warna pastel yang sederhana. Xiaomi menawarkan pilihan warna ungu, biru dan abu-abu. Realme menawarkan dua pilihan warna, kertas putih dan hitam baja.

Meski secara visual terlihat mirip, keduanya memiliki bahan bangunan yang berbeda. Xiaomi 12 memiliki penutup belakang yang terbuat dari kaca.

Sementara itu, Realme GT 2 Pro merupakan smartphone pertama di dunia yang menawarkan desain ramah lingkungan yang tersusun dari polimer biologis.

Material kaca yang dikenakan Xiaomi mungkin terasa premium, namun realme berani tampil beda dengan desain ramah lingkungan.

Realme mengatakan smartphone andalannya memiliki karbon dioksida 35,5 persen lebih sedikit.

PERFORMA

Xiaomi dan Realme tentu memberikan hasil terbaik di sektor performa, sama-sama mendukung prosesor Snapdragon 8 Gen 1.

Snapdragon 8 Gen 1 dibangun dengan arsitektur 4nm yang seharusnya memberikan kinerja yang lebih baik dari generasi sebelumnya. Dimulai dengan CPU 20 persen lebih tinggi dan GPU 30 persen lebih andal.

Meski menawarkan dapur pacu yang sama, pemasangan RAM menjadi pembeda. Xiaomi 12 memiliki RAM 8 GB dan memori internal 256 GB, sedangkan Realme GT 2 Pro memiliki RAM 12 GB dan memori internal 256 GB.

Meski memiliki CPU dan memori internal yang sama, jelas Realme lebih baik dengan RAM-nya yang lebih besar.

Menjaga kestabilan pengoperasian, kedua smartphone ini dibekali dengan teknologi pendingin yang menstabilkan suhu. Xiaomi telah memperkenalkan teknologi baru Liquid Cool Vapor Chambers, yang mencegah ponsel dari panas berlebih.

BACA JUGA:  Oppo Reno8 Akan Menjadi Ponsel Android Pertama Menggunakan Prosesor Qualcomm Snapdragon 7 Gen 1.

Realme juga memperkenalkan teknologi yang disebut Max Stainless Steel Steam Cooling. Pada teknologi pendinginan ini, realme memadukan ruang uap dan kombinasi tembaga yang mampu meredam panas lebih cepat dibandingkan material baja atau aluminium.

KAMERA

Sektor fotografi juga menjadi fokus utama Xiaomi dan Realme, di mana mereka tentu tidak ingin membekali sensor kamera yang kencang.

Xiaomi 12 didasarkan pada komposisi tiga kamera di bagian belakang. Formasi tersebut terdiri dari kamera utama dengan resolusi 50 MP, didukung oleh sensor Sony IMX766, kamera ultra-wide 13 MP dengan jangkauan 123 derajat dan kamera telefoto 5 MP.

Realme GT 2 Pro juga memiliki tiga kamera belakang. Pengaturan tersebut terdiri dari kamera utama 50 megapiksel yang juga menggunakan sensor Sony IMX766, kamera ultra lebar 50 megapiksel dengan sensor Samsung ISOCELL JN1 150 derajat, dan lensa mikro yang dapat memperbesar hingga 40x.

Kedua smartphone ini mengandalkan kamera 32 megapiksel untuk selfie atau panggilan video dengan kamera depan.

Meski memiliki beberapa kesamaan di sektor kamera, namun jika diperhatikan secara seksama, realme memiliki kamera tambahan dengan resolusi dan fitur yang lebih baik. Misalnya, lensa sudut ultra lebar dengan gambar sudut lebar hingga 150 derajat.

BATERAI

Realme GT 2 Pro mengandalkan baterai 5.000 mAh yang didukung fitur pengisian cepat SuperDart Charge 65W.

Sementara itu, Xiaomi 12 memiliki baterai 4.500 mAh yang mendukung pengisian cepat 67 W dan pengisian nirkabel 50 W.

Dari kapasitas baterai jelas Realme lebih baik. Namun, Xiaomi sedikit lebih baik dalam kecepatan teknologi pengisian cepat yang ditawarkannya.

Kesimpulannya

Xiaomi 12 dan Realme GT 2 Pro benar-benar dua smartphone menarik yang akan debut pada kuartal pertama tahun 2022. Meski dibandrol dengan harga yang sama yakni Rp 9 juta dan spesifikasi yang sekilas terlihat sama, tetap saja terdapat perbedaan.

BACA JUGA:  10 Aplikasi Edit Video Laptop Gratis Terbaik 2022, Banyak Fiturnya!

Untuk desain, mungkin kita bisa kembali ke selera masing-masing. Namun di sini sepertinya Realme GT 2 Pro lebih baik dari segi performa dengan RAM 12 GB.
Begitu pula di sektor kamera Realme GT 2 Pro yang relatif lebih lengkap dibandingkan Xiaomi 12.

Meski begitu, keputusan membeli smartphone tentu ada di tangan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *