10 Aplikasi Gratis Transfer Uang Antar Bank, Sekarang OJK!

Sampai saat ini jika ingin melakukan transfer ke bank lain akan dikenakan tarif sebesar 6500 rp. Tarif ini cukup tinggi, terutama jika Anda mentransfer beberapa kali dalam satu hari. Salah satu alternatif yang dapat Anda gunakan dengan lebih efektif adalah dengan menggunakan aplikasi gratis untuk transfer uang antar bank.

Dengan aplikasi ini Anda dapat melakukan transfer antar bank tanpa dikenakan biaya administrasi tambahan. Apalagi Anda adalah seorang pebisnis yang sering melakukan transfer uang ke banyak orang. Jika Anda harus membayar biaya administrasi, kemungkinan besar Anda akan kehilangan uang.

Oleh karena itu, tidak ada salahnya untuk menggunakan aplikasi gratis transfer uang antar bank yang akan dibahas di bawah ini. Dengan menggunakan aplikasi ini Anda dapat melakukan transfer dengan lebih mudah dan Anda tidak perlu khawatir dengan biaya administrasi.

Aplikasi yang direkomendasikan untuk transfer antar bank gratis

Posting di bawah ini akan fokus pada aplikasi gratis untuk transfer antar bank. Yang dimaksud dengan gratis adalah bebas biaya administrasi yang biasanya dibebankan kepada pihak penyiar. Selain itu juga gratis, meskipun ada biaya administrasi yang lebih kecil.

1. Flip

Aplikasi pertama yang dapat Anda gunakan untuk mentransfer uang antar bank secara gratis adalah Flip. Dengan aplikasi ini, Anda dapat mentransfer hingga 14 bank di Indonesia tanpa dikenakan biaya tambahan.

Ide dibalik aplikasi ini adalah untuk melakukan transfer ke rekening yang Anda miliki. Apalagi dari rekening yang sama dan akan diproses kemudian ditransfer ke rekening orang lain di bank lain, sehingga tidak perlu mengeluarkan biaya apapun.

Jika Anda menggunakan aplikasi ini, Anda dapat melakukan transfer setiap hari, meskipun ada batasan. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan aplikasi ini sebagai dompet digital untuk melakukan berbagai macam transaksi, seperti pembayaran untuk pembelian dan penjualan pinjaman.

Aplikasi ini juga tersedia dalam versi yang lebih profesional yang dirancang untuk perusahaan besar. Jika Anda menggunakan aplikasi yang lebih profesional, akan selalu ada biaya transportasi, jadi disarankan untuk menggunakan aplikasi gratis.

BACA JUGA:  7 Aplikasi Pengunduhan Video Instagram (Story, Rolls, IGTV)

2. OVO

Aplikasi transfer antar bank gratis kedua yang bisa Anda gunakan adalah OVO. Hanya beberapa tahun yang lalu, dengan menggunakan aplikasi ini, dimungkinkan untuk melakukan transfer ke berbagai jenis akun tanpa dikenakan biaya apa pun. Itu sebabnya ada begitu banyak pengguna.

Saat ini, biaya transfer telah dibebankan karena perubahan kebijakan. Tetapi aplikasi ini masih gratis, tanpa biaya tambahan. Dengan OVO, Anda bisa melakukan transfer ke berbagai bank di Indonesia dengan biaya yang sangat murah.

Setiap kali Anda melakukan transaksi menggunakan OVO Anda hanya akan membayar sekitar Rp 2500. Biaya ini biasanya lebih tinggi dibandingkan dengan menggunakan aplikasi mobile banking standar atau ATM.

3. Dana

Aplikasi Dana merupakan salah satu pilihan dompet digital yang digunakan masyarakat di Indonesia. Dengan menggunakan aplikasi ini Anda dapat berbelanja atau melakukan transaksi digital dengan lebih mudah dan cepat. Anda bahkan dapat dengan mudah membeli pinjaman di sini.

Jika Anda ingin melakukan transfer ke bank lain, biasanya Anda harus menyelesaikan proses verifikasi rekening terlebih dahulu. Prosesnya dilakukan dengan mengikuti beberapa prosedur seperti menggunakan KTP serta beberapa foto penting lainnya.

Aplikasi ini awalnya dapat digunakan untuk melakukan transfer secara gratis. Namun secara bertahap, pengguna akan dikenakan biaya operasional atau biaya administrasi sebesar Rp 2.500 per transaksi. Biaya ini lebih murah dibandingkan dengan transfer manual.

4. OY! Indonesia

Dengan aplikasi ini Anda dapat melakukan transfer ke rekening bank pengguna lain. Proses transfer tidak akan dikenakan biaya, namun tetap ada biaya administrasi yang harus dikenakan kepada semua pengguna.

Gunakan aplikasi ini dalam keadaan darurat untuk mempermudah transfer. Namun selama ada aplikasi lain yang bisa memberikan layanan gratis dan biaya administrasi nol rupiah, Anda tidak perlu khawatir sama sekali.

BACA JUGA:  10 Aplikasi Video Converter Pro untuk PC Terbaik Gratis

Aplikasi ini dapat diunduh langsung dari Play Store. Anda kemudian dapat langsung menyelesaikan proses pendaftaran berdasarkan data atau identitas yang Anda miliki. Setelah aplikasi selesai, Anda dapat langsung menggunakannya.

5. LinkAja

LinkAja juga dapat digunakan untuk melakukan transfer antar bank dengan lebih mudah dan cepat. Aplikasi ini bahkan dapat digunakan untuk melakukan berbagai transaksi online tanpa harus membuka rekening secara resmi dengan datang langsung ke bank.

Dengan aplikasi ini Anda dapat melakukan transfer selama Anda telah menyelesaikan proses verifikasi atau pembaruan akun. Untuk verifikasi atau update akun ini harus dilakukan secara manual atau bisa datang langsung ke outlet dari GraPARI terdekat.

Setelah memutakhirkan, Anda dapat lebih mudah bermigrasi ke beberapa pengguna atau ke rekening bank yang berbeda. Apalagi proses transfer ini tidak membutuhkan biaya yang terlalu besar dan prosesnya juga real-time, sehingga tidak perlu menunggu berjam-jam atau berhari-hari.

6. GoPay

Aplikasi untuk melakukan transfer selanjutnya adalah go-pay. Hingga saat ini, aplikasi go-jek yang menyertakan kopi telah digunakan untuk melakukan transaksi seperti berbelanja lebih mudah dan efisien, serta membayar transportasi umum.

Ternyata kalau mau transfer ke bank lain gratis juga bisa di sini. Syarat yang harus dipenuhi adalah upgrade akun go-pay menjadi go-pay Plus. Untuk melakukan ini, Anda perlu mentransfer beberapa data.

Proses transfer yang dilakukan dengan cara ini akan dikenakan biaya administrasi sebesar 2500. Vihara ini cukup murah dibandingkan dengan melakukan transfer langsung dari bank atau menggunakan ATM.

7. Aplikasi Jenius

Aplikasi brilian ini merupakan aplikasi yang dikelola oleh Bank BTPN. Jika Anda memiliki transaksi yang cukup besar di sini dan memiliki rata-rata saldo bulanan di atas Rp 1.000.000, biasanya Anda akan mendapatkan gratis transfer ke rekening bank lain.

Namun, disarankan agar Anda selalu berhati-hati sebelum melakukan transfer. Anda perlu memeriksa saldo Anda terlebih dahulu untuk mengetahui apakah Anda memiliki batas transfer atau tidak.

BACA JUGA:  Cara mengunduh video YouTube menggunakan aplikasi

Jika Anda memiliki batas transfer, Anda dapat langsung menggunakannya untuk mentransfer uang ke rekening bank lain. Namun, setelah batas tersebut tercapai, biaya, seperti biaya administrasi untuk melakukan transfer ATM, biasanya akan terus dikenakan.

8. YourPay ID

Aplikasi ini juga dapat digunakan untuk melakukan transfer antar bank atau transfer ke rekening bank lain di Indonesia maupun di luar negeri. Setiap transaksi, terutama di akun lokal, akan gratis atau tidak dipungut biaya.

Namun, ketika mentransfer ke rekening bank lain yang berada di luar negeri, biasanya akan dikenakan biaya tambahan. Oleh karena itu, ada baiknya untuk mempertimbangkan hal ini terlebih dahulu sebelum melakukan transfer agar tidak merugi.

9. Transfez

Hampir sama dengan aplikasi yang sudah dibahas sebelumnya, dengan menggunakan aplikasi ini anda bisa melakukan transfer ke banyak bank di Indonesia maupun ke luar negeri.

Namun, saat melakukan transfer, Anda harus memperhitungkan biaya administrasi yang akan dikenakan nantinya. Apalagi transfer ke luar negeri biasanya lebih mahal atau tergantung nominal transfer.

10. Wise

Aplikasi terakhir yang dapat Anda gunakan untuk melakukan transfer gratis antar bank bahkan bank di luar negeri adalah Wise. Anda tetap dapat menggunakannya secara gratis, Anda tetap harus membayar biaya transfer, apalagi mentransfer dana dengan tarif yang berbeda.

Jadi Anda hanya perlu membayar biaya administrasi karena transfernya antar bank. Jika transfer dilakukan antar bank di Indonesia, kemungkinan biaya transfer tidak akan lebih tinggi daripada transfer menggunakan uang asing.

Padahal 10 juta orang sudah mengunduhnya di Play Store. Peringkat aplikasi ini tidak terlalu bagus. Oleh karena itu, disarankan untuk menggunakan aplikasi lain yang memiliki review yang cukup baik, terutama jika Anda hanya melakukan transfer antar bank di dalam negeri.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *