Cara Memaksimalkan Cadangan Terenkripsi Baru dari Whatsapp

Cara Memaksimalkan Cadangan Terenkripsi Whatsapp yang Baru

Cara Memaksimalkan Cadangan Terenkripsi Whatsapp yang Baru. Pengguna WhatsApp sekarang dapat mengakses cadangan cloud terenkripsi: Ini adalah hal baru yang signifikan yang harus ditangani dengan sangat hati-hati.

Cadangan terenkripsi WhatsApp, yang pertama kali diumumkan bulan lalu, secara bertahap menjangkau lebih dari dua miliar pengguna aplikasi perpesanan paling populer di dunia.

“Pencadangan terenkripsi ujung ke ujung untuk WhatsApp mulai diluncurkan hari ini,” Mark Zuckerberg mengumumkan di profil Facebook-nya. Saya senang dengan tim yang terus meningkatkan keamanan komunikasi pribadi Anda”.

Baca Juga : Untuk Pengguna Pertama Kalinya, Cara Buat Akun Facebook Terbaru (Tutorial)

Inovasi akan dirilis secara bertahap karena, bertentangan dengan kepercayaan populer, ini adalah fungsi dari yang besar dan canggih, yang harus ditangani dengan benar atau berisiko menyebabkan lebih banyak kerugian daripada keuntungan bagi pengguna WhatsApp.

Cadangan Terenkripsi Whatsapp jelas merupakan kesulitan yang signifikan bagi Google dan Apple, dan mereka dapat memiliki konsekuensi yang signifikan bagi grup Facebook dari sudut pandang “politik”. Singkatnya, ini bukan hal baru teknologi sepele dalam gaya suara 2X, tetapi ini adalah fungsi yang harus digunakan dengan hati-hati. Oleh pengguna juga.

Apa saja cadangan WhatsApp yang dienkripsi?

Siapa pun yang memiliki akun WhatsApp sekarang dapat mencadangkan seluruh riwayat obrolan mereka, termasuk video dan foto, dan mentransfernya ke Google Drive atau Apple iCloud.

Sangat berguna untuk melakukannya secara teratur karena memungkinkan kita untuk menyimpan semua data kita dan tidak kehilangannya jika terjadi pencurian atau kehilangan telepon. Tapi bukan itu saja: pencadangan cloud memungkinkan Anda menukar ponsel dengan cepat dan mengambil seluruh riwayat obrolan dari cadangan terbaru.

BACA JUGA:  Cara Mendapatkan Centang Biru Dari TikTok Tanpa Perlu Verifikasi!

Cadangan cloud, tidak seperti obrolan yang disimpan di telepon, belum dienkripsi dengan enkripsi ujung ke ujung. Ini berarti bahwa siapa pun yang memiliki akses ke file cadangan dapat membaca percakapan kami dan melihat foto dan video yang telah kami bagikan dengan kontak kami.

Apa saja cadangan WhatsApp yang dienkripsi

Tahun lalu, Google Drive menambahkan kemampuan untuk mengenkripsi file individual dengan teknik 256-bit yang sangat kuat. Namun, ini adalah opsi manual, dan item yang akan dienkripsi tidak boleh melebihi ukuran 100 MB (dibandingkan beberapa GB yang dapat membebani cadangan WhatsApp).

Apple iCloud, di sisi lain, memiliki Cadangan Terenkripsi Whatsapp yang lebih canggih, tetapi ini bukan enkripsi ujung ke ujung dalam hal informasi yang diarsipkan, termasuk yang berasal dari cadangan WhatsApp. Ini berarti bahwa Apple dapat mendekripsi file jika diminta oleh penegak hukum atau hakim.

Apa cara terbaik untuk Cadangan Terenkripsi Whatsapp?

Akibatnya, terbukti bahwa cadangan WhatsApp sekarang jauh lebih tidak aman daripada obrolan yang disimpan di telepon (yang semuanya dienkripsi ujung-ke-ujung).

Tetapi juga terbukti bahwa menerapkan enkripsi teraman ke cadangan WhatsApp bukanlah permainan kecil, terutama dari sudut pandang politik: jika polisi atau hakim ingin membaca komunikasi kami, mereka akan mengetuk pintu WhatsApp setelah menentukan bahwa Google dan Apple tidak dapat mendekripsi mereka.

Ikuti langkah-langkah yang sama seperti untuk pencadangan cloud tradisional untuk mengaktifkan pencadangan terenkripsi di WhatsApp: Pengaturan> Obrolan> Cadangan obrolan> Pencadangan ujung-ke-ujung terenkripsi> Lanjutkan Pada titik ini, WhatsApp akan meminta kami untuk memberikan kata sandi atau kriptografi 64-karakter kunci, setelah itu kita harus menekan ” Selesai ” untuk menyelesaikan proses.

Jika Anda tidak melihat pilihan untuk enkripsi ujung-ke-ujung, ini menunjukkan bahwa kami harus menunggu lebih lama karena fungsi tersebut belum ditambahkan ke profil kami.

BACA JUGA:  Inilah Cara Anda Ketika Melakukan Swipe Up di Instagram

Namun, jika kita ingin menghentikan enkripsi cadangan, kita harus melalui langkah yang sama seperti sebelumnya dan ketuk “Nonaktifkan”, lalu masukkan kunci atau kata sandi dan konfirmasi.

Berhati-hatilah dengan kata sandi saat mencadangkan WhatsApp.

Seperti yang mungkin sudah Anda duga, kata sandi atau kunci adalah jantung dari keamanan data sistem ini: Anda tidak boleh kehilangannya dan mengembangkan yang kuat dan unik, dengan huruf besar dan kecil, angka, dan karakter khusus.

Masalahnya adalah mengingatnya: jika kita melupakannya, tidak ada yang dapat membantu kita mengambilnya karena baik WhatsApp maupun data cadangan terenkripsi tidak dapat membaca kunci kriptografik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *