Agar dampak buruk dari pemanasan global terhindarkan, maka sebaiknya kita mencegah terjadinya pemanasan global salah satunya dengan cara….

A. Menyesuaikan pola tanam
B. Konsumsi BBM oktan tinggi
C. Eliminasi CFC
D. Deforestasi

Pilihan jawaban yang tepat adalah C, yaitu eliminasi CFC.

Mari kita bahas!

Eliminasi CFC merupakan salah satu langkah yang tepat untuk mengurangi pemanasan global. Atau paling tidak pengurangan penggunaan gas ini juga mampu mengurangi pemanasan global.

Gas CFC merupakan salah satu gas rumah kaca yang menyebabkan efek rumah kaca. Klorofluorokarbon (CFC) banyak digunakan sebagai pendingin dalam lemari es, bahan pendorong dalam kaleng aerosol (aerosol propellant), dan sebagai pembentuk gelembung-gelembung pada plastik busa (foaming agents).

Jika jumlahnya menumpuk di atmosfer, maka akan menyebabkan efek rumah kaca, yaitu terperangkapnya panas di atmosfer bumi. Hal ini yang kemudian menyebabkan kenaikan suhu rata-rata permukaan bumi atau pemanasan global.

Jadi, pilihan jawaban yang tepat adalah C, yaitu eliminasi CFC.

BACA JUGA:  Perhatikan pernyataan berikut! 1) Adanya gerak semu tahunan matahari, 2) Gerak semu harian matahari dari timur ke barat, 3) Terjadinya pergantian siang dengan malam, 4) Adanya perbedaan waktu di daerah bujur bumi berada, 5) Terjadinya perbedaan musim. Yang merupakan akibat dari rotasi bumi adalah....

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *