Jelaskan keunggulan letak luas dan geografis wilayah Indonesia

Jawaban yang tepat adalah Indonesia terletak di posisi yang strategis karena lokasi Indonesia di persimpangan lalu lintas perjalanan internasional.

Keunggulan letak geostrategis Indonesia adalah berkaitan dengan letak Indonesia yang berada di antara dua benua yakni benua Asia dan benua Australia, serta terletak di antara dua samudera yakni samudra Hindia dan samudra Pasifik.
Keunggulan geostrategis Indonesia diantaranya adalah:
1.Sebagai jalur lalu lintas perdagangan sehingga mempermudah proses ekspor dan impor.
2. Daerah yang sangat strategis untuk perdagangan internasional karena terletak diantara negara berkembang sehingga mudah untuk memasarkan hasil produksi.
3. Indonesia terletak pada jalur perdagangan internasional menyebabkan bahasa Indonesia diperkaya oleh berbagai bahasa asing dari para pedagang berbagai negara.
4. Indonesia mudah berkomunikasi dan menjalin relasi dengan negara lain sehingga terjalin hubungan internasional yang baik dengan negara lain.

Oleh karena itu, keunggulan letak luas dan geografis wilayah Indonesia adalah Indonesia terletak di jalur lalu lintas perdagangan sehingga mempermudah proses ekspor dan impor dan mempermudah terjadinya perdagangan internasional.

BACA JUGA:  Sebutkan 5 karakteristik Planet Neptunus!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *