Jelaskan tentang pengaruh aspek hidrologis terhadap keragaman budaya Indonesia serta berikan contohnya!

Jawaban yang benar adalah pengaruh Hidrologi, Indonesia merupakan Negara maritim atau kepulauan, terjadi hambatan hubungan antara pulau, sehingga banyak pulau yang terpencil.

pengaruh kondisi geografis (iklim, geomorfologi, dan hidrologi) terhadap keragaman budaya Indonesia, antara lain:

1. Pengaruh Iklim, iklim mempengaruhi kebudayaan yang dijalani oleh masyarakat. Hawa dan suhu lingkungan juga dapat menentukan apa yang kita lakukan. Misalnya, bagi orang-orang yang tinggal di daerah Eropa, udara disana dingin, sehingga mereka membutuhkan sesuatu yang dapat menghangatkan badannya, salah satunya dengan meminum alkohol. Sedangkan di Indonesia hal tersebut dilarang untuk dilakukan, karena Indonesia beriklim tropis sehingga udaranya tidak terlalu dingin dan juga terkadang tidak begitu panas, sehingga memang tidak membutuhkan alkohol untuk dikonsumsi.

2. Pengaruh Geomorfologi, Indonesia terdapat 2 dangkalan yaitu: sunda dan sahul, laut dan gunung juga menyebabkan isolasi geografi, misalnya pulau papua yang banyak gunung tinggi dan relief curam, memiliki jumlah suku terbanyak di Indonesia.

3. Pengaruh Hidrologi, Indonesia merupakan Negara maritim atau kepulauan, terjadi hambatan hubungan antara pulau, sehingga banyak pulau yang terpencil.

Jadi, jawaban yang tepat adalah pengaruh Hidrologi, Indonesia merupakan Negara maritim atau kepulauan, terjadi hambatan hubungan antara pulau, sehingga banyak pulau yang terpencil.

BACA JUGA:  Berikut disajikan komponen peta : (1) judul peta; (2) orientasi; (3) simbol; (4) skala; (5) inset; (6) garis tepi; (7) legenda. Dari daftar komponen peta diatas, arah utara ditunjukkan oleh nomor .....

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *