Penambangan batu untuk mendukung pembangunan bendungan di salah satu wilayah penimbun kan gesekan antara konflik antar warga masyarakat dengan pemerintah. hal ini menggambarkan bahwa konflik terjadi karena faktor…. 

a. Perbedaan kepentingan

b. Perbedaan latar belakang kebudayaan

c. Perubahan nilai yang cepat

d. Perbedaan kepribadian

Jawaban yang benar adalah (A) Perbedaan kepentingan.

Konflik sosial merupakan suatu proses sosial antara individu maupun kelompok dengan pihak lain yang saling menjatuhkan untuk mencapai tujuan masing-masing. Konflik sosial dapat terjadi dikarenakan adanya perbedaan dalam masyarakat, salah satunya perbedaan kepentingan.

Hal ini dapat terjadi dikarenakan terbenturnya dua kepentingan dalam masyarakat yang berbeda membuat masing-masing pihak ingin mewujudkannya. Seperti pada ilustrasi di atas, dimana pemerintah ingin mengambil batu dari warga untuk keperluan pembangunan bendungan. Namun disisi lain masyarakat desa memiliki kepentingan terhadap batu tersebut karena memengaruhi sumber mata air warga. Oleh karena itu mereka menolaknya dan berakhir konflik antara pemerintah dengan warga desa.

Berdasarkan uraian diatas, maka opsi jawaban yang tepat adalah (A) Perbedaan kepentingan.

BACA JUGA:  Sonar dipancarkan ke dua dasar laut dengan kedalaman 2800 m dan 700 m. Jika cepat rambat bunyi di dalam air 1400 m/s, selisih waktu antara pantulan sonar pertama dengan sonar ke dua adalah...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *