Perhatikan pernyataan dibawah ini! 1.biofuel 2.geotermal 3.panel surya 4.osmosis balik 5. biopori Contoh dari aplikasi teknologi ramah lingkungan adalah ….

Jawaban yang benar adalah 1. Biofuel, 2. Geotermal, 3. Panel surya, 4. Osmosis balik, 5. Biopori (semua benar).

Teknologi ramah lingkungan diciptakan untuk memudahkan kehidupan manusia tanpa perlu merusak atau memberikan dampak negatif berlebih pada lingkungan karena dibuat dengan mengedepankan prinsip pelestarian lingkungan. Prinsip pelestarian lingkungan, antara lain:
1. Menggunakan sumber daya alam yang dapat diperbaharui
2. Prosesnya tidak merusak lingkungan
3. Tidak menghasilkan limbah yang membahayakan lingkungan

Contoh teknologi ramah lingkungan dalam bidang energi adalah biofuel, panel surya, geotermal, hydrogen power, serta pemanfaatan air, angin, dan lautan untuk pembangkit listrik.

Contoh teknologi ramah lingkungan dalam bidang transportasi adalah mobil bertenaga hidrogen dan mobil bertenaga surya.

Contoh teknologi ramah lingkungan dalam bidang lingkungan adalah biopori, toilet pengompos, fitoremediasi, dan teknologi pemurnian air (cara sederhana dan osmosis balik).

Contoh teknologi ramah lingkungan dalam bidang industri adalah biopulping, yaitu metode pembuatan bubur kertas menggunakan organisme, seperti jamur 𝘗𝘩𝘭𝘦𝘣𝘪𝘢 𝘳𝘢𝘥𝘪𝘢𝘵𝘢.

Berdasarkan uraian di atas, jawaban yang tepat adalah 1. Biofuel, 2. Geotermal, 3. Panel surya, 4. Osmosis balik, 5. Biopori (semua benar).

BACA JUGA:  Udara akan mengalir spontan dari tempat yang tekanannya tinggi ke tempat yang tekanannya rendah. Berdasarkan hal tersebut, proses inspirasi/ menghirup udara pernafasan akan lebih mudah dilakukan saat ....?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *