Kecap merupakan makanan berupa cairan berwarna hitam yang rasanya asin atau manis. dalam pembuatan kecap memanfaatkan jamur Aspergillus wentii dan Aspergillus soyae. Kedua jamur tersebut berperan sebagai …

Peran jamur 𝘈𝘴𝘱𝘦𝘳𝘨π˜ͺ𝘭𝘭𝘢𝘴 𝘸𝘦𝘯𝘡π˜ͺπ˜ͺ π˜₯𝘒𝘯 𝘈𝘴𝘱𝘦𝘳𝘨π˜ͺ𝘭𝘭𝘢𝘴 𝘴𝘰𝘺𝘒𝘦 adalah sebagai agen fermentasi dalam pembuatan kecap.

Bioteknologi adalah ilmu yang mempelajari tentang pemanfaatan makhluk hidup dalam membantu kehidupan manusia. Terdapat dua jenis bioteknologi yaitu bioteknologi konvensional dan modern. Bioteknologi konvensional memiliki manfaat yang begitu beragam, salah satunya dapat berperan pada bidang pangan. Terdapat beberapa mikroorganisme yang berperan dalam pembuatan makanan dan minuman sehingga menciptakan rasa hingga produk baru. Contohnya adalah kecap.

Kecap merupakan hasil fermentasi kacang kedelai menggunakan mikroorganisme yang sama seperti tempe, yaitu π˜™π˜©π˜ͺ𝘻𝘰𝘱𝘢𝘴 𝘰𝘳𝘺𝘻𝘒𝘦, atau jenis 𝘈𝘴𝘱𝘦𝘳𝘨π˜ͺ𝘭𝘭𝘢𝘴 seperti 𝘈𝘴𝘱𝘦𝘳𝘨π˜ͺ𝘭𝘭𝘢𝘴 𝘸𝘦𝘯𝘡π˜ͺπ˜ͺ π˜₯𝘒𝘯 𝘈𝘴𝘱𝘦𝘳𝘨π˜ͺ𝘭𝘭𝘢𝘴 𝘴𝘰𝘺𝘒𝘦. Peran kedua jamur ini adalah sebagai agen fermentasi bagi kacang kedelai.

π‘±π’‚π’…π’Š, 𝑷𝒆𝒓𝒂𝒏 π’‹π’‚π’Žπ’–π’“ 𝘈𝘴𝘱𝘦𝘳𝘨π˜ͺ𝘭𝘭𝘢𝘴 𝘸𝘦𝘯𝘡π˜ͺπ˜ͺ π˜₯𝘒𝘯 𝘈𝘴𝘱𝘦𝘳𝘨π˜ͺ𝘭𝘭𝘢𝘴 𝘴𝘰𝘺𝘒𝘦 𝒂𝒅𝒂𝒍𝒂𝒉 π’”π’†π’ƒπ’‚π’ˆπ’‚π’Š π’‚π’ˆπ’†π’ π’‡π’†π’“π’Žπ’†π’π’•π’‚π’”π’Š π’…π’‚π’π’‚π’Ž π’‘π’†π’Žπ’ƒπ’–π’‚π’•π’‚π’ π’Œπ’†π’„π’‚π’‘

BACA JUGA:  Senyawa yang diekskresikan dalam bentuk gas diproduksi oleh organ ekskresi....

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *