Berikut ini pernyataan yang benar mengenai golongan darah sistem ABO adalah …

a. Golongan darah O tidak memiliki aglutinin α dan β, namun memiliki antibodi anti-A dan anti-B
b. Golongan darah AB akan menggumpal jika didonorkan kepada resipien dengan golongan darah O yang memiliki aglutinogen A dan B
c. Golongan darah A tidak akan menggumpal jika didonorkan kepada resipien dengan golongan darah AB yang memiliki antigen A dan B
d. Golongan darah O tidak akan menggumpal jika didonorkan kepada resipien dengan golongan darah B yang memiliki antigen B di dalam serumnya.

Jawaban yang benar adalah C dan D.

Golongan darah pada sistem ABO berdasarkan antigennya dibagi menjadi empat jenis, yaitu A, B, AB, dan O:
1. Golongan darah A mengandung antigen atau aglutinogen A pada membran eritrosit dan mengandung antibodi β atau Anti-B pada plasma darahnya.
2. Golongan darah B mengandung antigen atau aglutinogen B pada membran eritrosit dan mengandung antibodi α atau Anti-A pada plasma darahnya.
3. Golongan darah AB mengandung antigen atau aglutinogen A dan B pada membran eritrosit tetapi tidak mengandung antibodi atau aglutinin apapun pada plasma darahnya. Golongan darah ini dapat menjadi resipien universal karena tidak menghasilkan antibodi terhadap antigen golongan darah A dan B.
4. Golongan darah O tidak memiliki antigen atau aglutinogen pada membran eritrosit tetapi mengandung antibodi aglutinin α (Anti A) dan β (Anti B) pada plasma darahnya. Karena tidak memiliki antigen, golongan darah O dapat menjadi donor untuk semua golongan darah (donor universal).

Oleh karena itu, pernyataan yang benar mengenai golongan darah sistem ABO adalah pernyataan C dan D.

BACA JUGA:  Bencana banjir yang melanda sejumlah wilayah baru baru ini menimbulkan kelangkaan air bersih penyebab air bersih menjadi langkah adalah...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *