Proses pembentukan urine setelah urine primer terbentuk adalah ….

Proses pembentukan urin setelah urin primer terbentuk adalah reabsorpsi (penyerapan kembali) menghasilkan urin sekunder

Proses pembentukan urin di ginjal terdiri dari tiga tahap yaitu filtrasi(penyaringan), reabsorpsi(penyerapan kembali), dan augmentasi(pengeluaran zat). Ketiga tahap tersebut terjadi di tempat yang berbeda dan hasilnya pun berbeda. Urutan proses pembentukan urin adalah sebagai berikut:

1. Filtrasi
Tahapan ini terjadi di glomerulus. Hasil dari tahapan ini berupa filtrat glomerulus atau urin primer yang mengandung H2O dan zat-zat seperti glukosa, klorida, natrium, kalium, fosfat, urea, asam urat, dan kreatinin.

2. Reabsorpsi
Tahapan ini terjadi di tubulus kontortus proksimal. Hasil dari tahapan ini berupa urin sekunder. Pada tahapan ini, zat-zat yang diperlukan oleh tubuh diserap kembali dan dimasukkan ke dalam darah.

3. Augmentasi
Tahapan ini terjadi di tubulus kontortus distal dan tubulus kolektivus sebagai tempat penyimpanan urin sementara. Pada tahap ini terjadi penambahan zat-zat lain dan urea serta masih terjadi penyerapan kembali pada air, garam NaCl, dan urea sehingga terbentuklah urin sebenarnya yang harus dibuang oleh tubuh.

Jadi, proses pembentukan urin setelah urin primer terbentuk adalah reabsorpsi (penyerapan kembali) menghasilkan urin sekunder

BACA JUGA:  Pernyataan yang benar tentang energi terbarukan yang cocok untuk daerah pantai adalah :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *