Manakah pasangan dari reaksi metabolisme yang tepat dari tabel diatas…?

A. 1 dan 2
B. 2 dan 3
C. 3 dan 4
D. 1 dan 4

Jawabannya adalah D.

Respirasi seluler terdiri atas respirasi aerob dan respirasi anaerob. Respirasi aerob merupakan respirasi yang membutuhkan oksigen, karena digunakan sebagai akseptor elektron terakhirnya. Respirasi aerob terjadi dalam beberapa tahapan yaitu glikolisis, dekarboksilasi oksidatif asam piruvat, siklus krebs dan transport elektron.

1. Glikolisis adalah tahap perubahan 1 molekul Glukosa (6C) menjadi 2 molekul Asam Piruvat (3C) dan hasil samping berupa 2 NADH, 2 ATP dan 2 H2O. Glikolisis terjadi di dalam sitoplasma.
2. Dekarboksilasi oksidatif asam piruvat adalah perubahan senyawa 2 Asam Piruvat menjadi senyawa 2 Asetil Co-A, dengan hasil samping berupa 2 CO2 dan 2 NADH. Dekarboksilasi oksidatif terjadi di matriks mitokondria.
3. Siklus krebs adalah pengubahan senyawa 2 Asetil Co-A menjadi 4 CO2, 2 FADH, 6 NADH, dan 2 ATP. Siklus krebs terjadi di dalam matriks mitokondria.
4. Transfer elektron adalah pengepakan energi dengan menggunakan ATP sintase dengan melalui kompleks sitokrom, dan terjadi reaksi antara H+ dengan O2. Pengepakan energi dilakukan dengan mengubah 10 NADH dan 2 FADH dan menghasilkan energi sebanyak 34 ATP dan 6 H2O. Transfer elektron terjadi di dalam krista mitokondria.

𝑱𝒂𝒅𝒊, 𝒋𝒂𝒘𝒂𝒃𝒂𝒏𝒏𝒚𝒂 𝒂𝒅𝒂𝒍𝒂𝒉 𝑫.

BACA JUGA:  Ribosom adalah...?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *