Bacalah penggalan puisi berikut ini! Kalau kami berbisik bersama Suara kami yang kering Sepi dan tanpa makna Bagaikan angin di rumput kering tau kaki tikus lewat pecahan kaca Di gudang kami yang kering. Puisi di atas menggambarkan suasana ….?

A. sedih
B. gamang
C. khidmat
D. ketakutan
E. semangat

Jawaban yang benar adalah C. Gamang.

Berikut ini penjelasannya.

Suasana dalam puisi adalah keadaan jiwa pembaca setelah membaca puisi tersebut, contohnya gembira, bahagia, sedih, haru, gelisah, bimbang, semangat, tenang, pasrah, khusyuk, sepi, dan bimbang.

Berdasarkan puisi di atas, suasana yang tergambar adalah adalah suasana gamang. Arti gamang adalah merasa takut (ngeri serta khawatir). Hal ini terdapat pada larik
“Kalau kami berbisik bersama, Suara kami yang kering,
Sepi dan tanpa makna.” Pada larik tersebut disebutkan bahwa orang-orang yang merasa takut akan bersuara karena kalaupun bersuara pasti tidak ada artinya.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan C.

BACA JUGA:  Benua ini memiliki puncak tertinggi Gunung Everest (8.848 m), bagian terendah laut mati (394m di bawah permukaan air laut), sungai terpanjangnya sungai Yang Tse (5.800 km), danau terbesarnya Danau Aral (66.457 km²), di wilayah barat berbatasan dengan Benua Eropa, Pegunungan Ural, Laut Kaspia, Laut Hitam, Selat Bosporus, Selat Dardanella, Laut Tengah, Terusan Suez, dan Laut Merah, serta memiliki julukan Benua Kuning. Nenua yang dimaksud adalah ….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *