Dalam laporan buku, bagian yang memuat ringkasan isi buku, bila perlu ringkasan dibuat terperinci bab demi bab adalah ….?

A. pendahuluan
B. rumusan masalah
C. isi laporan
D. simpulan
E. saran

Jawabannya : C. Isi laporan.

Pembahasan :
Bagian-bagian yang terdapat dalam laporan buku adalah :
1. Pendahuluan
Dalam pendahuluan, maksud dan tujuan pembuatan laporan ditulis dalam bentuk narasi. Setelah itu, judul buku, nama pengarang, nama penerbit, tempat penerbitan, tahun terbit, cetakan atau edisi ke berapa, jumlah halaman, dan jumlah bab. Ini semua merupakan keterangan teknis mengenai buku yang akan dilaporkan.

2. Isi laporan buku
Merupakan ringkasan isi buku yang dilaporkan. Bagian ini merupakan bagian inti dari laporan buku. Ringkasan harus terperinci bab demi bab.

3. Simpulan
Isi simpulan berupa penilaian penulis terhadap isi buku yang dilaporkan, cara pendekatan, penyusunan, bahasa yang digunakan,teknik pencetakan, dan sebagainya; singkatnya simpulan merupakan penilaian terhadap kekurangan dan kelebihan dari buku yang dilaporkan.

4. Saran
Saran sebenarnya tidak termasuk unsur laporan buku, tetapi kalau menghendaki, kita dapat menuliskan sarannya sebagai latihan untuk mengemukakan pendapat.

Jadi, bagian yang memuat ringkasan isi buku, bila perlu ringkasan dibuat terperinci bab demi bab adalah isi laporan (jawaban C).

 

BACA JUGA:  Negara-negara yang dilalui oleh sirkum pasifik adalah....

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *