Sebutkan perbedaan antara unsur,senyawa, dan campuran!

Unsur hanya terdiri dari satu jenis atom saja. Senyawa terdiri dari beberapa unsur dan memiliki perbandingan zat penyusunnya tetap. Campuran terdiri dari beberapa senyawa atau unsur yang perbandingan penyusunnya dapat berubah-ubah.

Berdasarkan struktur dan sifatnya, materi digolongkan menjadi dua, yaitu zat tunggal dan campuran. Zat tunggal ini contohnya adalah unsur dan senyawa.

Unsur adalah zat tunggal atau zat murni yang tidak dapat diuraikan lagi menjadi zat yang lebih sederhana melalui reaksi kimia. Contohnya unsur logam Al, Ba, Fe, dan lain sebagainya.

Gabungan dua unsur atau lebih melalui reaksi kimia disebut dengan senyawa. Contoh senyawa yang sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari adalah air.

Campuran adalah suatu zat yang terbuat dari gabungan dua atau lebih zat yang berbeda tanpa melalui reaksi kimia. Contohnya air dicampur susu bubuk cokelat.

Jadi, Unsur hanya terdiri dari satu jenis atom saja. Senyawa terdiri dari beberapa unsur dan memiliki perbandingan zat penyusunnya tetap. Campuran terdiri dari beberapa senyawa atau unsur yang perbandingan penyusunnya dapat berubah-ubah.

BACA JUGA:  Balok yang massanya 10 kg (g = 10 m/s2) digantung dengan seutas tali dan balok dalam keadaan setimbang (diam tidak bergerak). Besar gaya tegangan tali penggantung balok adalah...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *