Merdeka finansial di hari tua

11 Tips Agar Merdeka Finansial Di Hari Tua

Tips Agar Merdeka Finansial Di Hari Tua,,, Persiapan yang matang untuk hari tua adalah suatu keharusan. Pasalnya, ketika saat itu tiba, banyak orang akan kehilangan produktivitasnya dan berdampak negatif pada keuangannya.

Namun, tidak mudah untuk mempersiapkannya. Generasi muda, yang sering disebut produktif, kerap kewalahan menghadapi isu-isu tersebut. Akibatnya, menjadi sulit untuk mencapai kemandirian finansial di hari tua.

Berikut adalah beberapa saran kita bisa merasakan kepuasan finansial dimasa tua:

1. Jangan terlalu banyak melakukan FOMO

Jangan terlalu banyak melakukan FOMO

Tips Agar Merdeka Finansial Di Hari Tua,, yaitu jangan melakukan Fomo, FOMO merupakan hal yang lumrah terjadi di kalangan anak muda, terutama di era digital seperti sekarang ini. FOMO (Fear Of Missing Out) sendiri adalah ketakutan bahwa tren saat ini bisa tertinggal/ketinggalan tren. Misalnya, ketika ada tren sepatu kets, keinginan mengikuti tren untuk pengakuan sosial disebut FOMO.

Tidak ada salahnya mengikuti trend asalkan diimbangi dengan kemampuan finansial yang kuat. Jika dibiarkan tidak dikelola, mereka bisa tersesat dan kehilangan jalan yang benar. Sekalipun Anda mengikuti tren, pilihlah tren yang dapat membawa manfaat bagi diri Anda dan masa depan Anda.

2. Peningkatan kemampuan

Peningkatan kemampuan

Tips Agar Merdeka Finansial Di Hari Tua berikutnya yaitu meningkatkan keterampilan Anda supaya dapat menjadi cara untuk mempersiapkan masa tua. Karena Anda mungkin memiliki lebih banyak pengalaman di bidang pengembangan berkelanjutan dan keterampilan yang ditingkatkan. Itu seharusnya menjadi nilai yang cukup untuk bekal Anda.

BACA JUGA:  6 HP Samsung Terbaik 2022, Harga 1 Jutaan

3. Mulai budaya hemat

Mulai budaya hemat

Tips Agar Merdeka Finansial Di Hari Tua yaitu mulai dengan hidup hemat. Agar uang tetap awet, Anda perlu berlatih menabung. Alhasil, sejak kecil ia sudah menerapkan konsep 50, 30 dan 20 dengan mengelola keuangan semaksimal mungkin.

Anda dapat menggunakan 50% dari uang untuk kebutuhan dasar, 30% untuk rekreasi dan 20% untuk tabungan. Agar konsep ini berfungsi dengan baik, Anda perlu menyeimbangkannya. Tanpa ini, konsep tidak akan berjalan dengan baik.

4. Menginvestasikan

Tips Agar Merdeka Finansial Di Hari Tua yaitu berinvestasi. Setelah menggunakan konsep di atas, Anda bisa menggunakan beberapa alat investasi. Dengan investasi, uang Anda bisa terus bertambah. Tapi singkatnya, Anda menginvestasikan uang Anda pada peralatan yang tepat.

Untuk menghindari salah memilih alat investasi, Anda bisa menggunakan emas. Meskipun inflasi relatif lama dibandingkan instrumen investasi lainnya, emas cenderung lebih aman dan kurang berisiko. Nah, untuk menggunakan alat investasi ini, Anda bisa membeli emas digital melalui fitur eMAS di aplikasi DANA.

Dana menawarkan sejumlah keuntungan #BebasDrama bagi yang ingin menabung emas. Karena DANA Digital Wallet menawarkan keuntungan tidak hanya bagi mereka yang ingin berinvestasi di eMAS. Karena Anda bisa mendapatkan pengembalian dana 50% untuk pembelian emas pertama Anda.

5. Buatlah Skala Prioritas

Tips Agar Merdeka Finansial Di Hari Tua yaitu mulailah membuat skala prioritas. Jika Anda ingin memulai gaya hidup hemat untuk masa depan di hari tua anda, Anda bisa mencoba memprioritaskan skala untuk kebutuhan dan keinginan Anda. Anda dapat mengatur skala prioritas ini sebagai daftar tugas untuk kebutuhan Anda setiap bulan. Pastikan untuk menyimpan daftar barang yang Anda butuhkan, seperti pembelian makanan bulanan, biaya transportasi, dan utilitas lainnya. Jika Anda dapat melakukannya, Anda dapat mulai menambahkan ke daftar keinginan Anda berdasarkan prioritas Anda. Jangan lupa bijak dalam membuat daftar, jangan biarkan keinginan melebihi kebutuhan Anda.

BACA JUGA:  Bagaimana cara meretas Wifi tanpa aplikasi?

6. Pastikan pengeluaran Anda tidak melebihi penghasilan

Tips Agar Merdeka Finansial Di Hari Tua yaitu pengeluaran tidak boleh lebih besar dari pada pemasukan. Selain menyusun daftar prioritas untuk mengejar gaya hidup ekonomi yang optimal, Anda juga harus mempertimbangkan: Neraca ini bisa berupa daftar atau spreadsheet yang mencantumkan pendapatan dan pengeluaran Anda. Secara umum, pendapatan yang Anda miliki harus digunakan untuk kebutuhan dasar hidup Anda. Jika Anda hanya menemukan diri Anda dalam daftar kebutuhan yang pengeluaran Anda lebih dari pendapatan Anda, maka segera cari alternatif biaya yang lebih rendah untuk memenuhi semua kebutuhan Anda.

7. Pintar-pintarlah berbelanja

Tips Agar Merdeka Finansial Di Hari Tua yang ke tujuh yaitu pintarlah dalam berbelanja. Saat menerapkan gaya hidup hemat, membelanjakan uang dengan bijak berperan penting dalam menjaga kesehatan finansial Anda. Anda dapat membeli barang yang Anda pilih dengan harga diskon jika dibeli di supermarket. Anda bahkan dapat mengubah pola belanja Anda dari supermarket ke pasar.

8. Maksimalkan promosi yang ada

Sepertinya di era serba digital, kesederhanaan hidup menjadi cara Anda. Bahkan berbelanja. Pembelian aplikasi online sangat nyaman karena Anda dapat membelinya di mana saja. Jika Anda menikmati belanja online tetapi ingin mencari nafkah, Anda harus berhati-hati memilih yang mana, terutama dalam hal memenuhi keinginan Anda. Maksimalkan fitur periklanan Anda saat berbelanja online untuk tetap mendapatkan apa yang Anda inginkan namun dengan harga yang relatif terjangkau.

9. Dapatkan gaya hidup minimalis

Bagi Anda yang terbiasa memprioritaskan kebutuhan dan keinginan dan kemudian memperhatikan pengeluaran Anda dengan cermat, mengambil langkah menuju hidup hemat dapat dilakukan dengan mengubah gaya hidup Anda. Untuk menghemat uang, Anda bisa menggunakan gaya hidup minimalis. Gaya hidup yang berfokus pada pemenuhan kebutuhan tersebut akan membantu Anda untuk berhati-hati saat berbelanja. Berpikir cermat saat berbelanja adalah salah satu manfaat yang bisa Anda dapatkan dari menerapkan gaya hidup minimalis.

BACA JUGA:  Metode dan Cara Sederhana untuk Membuat Akun PayPal

10. Jaga kesehatan dengan baik

Tahukah Anda bahwa kesehatan juga memegang peranan penting, agar Anda selalu dapat menjalani gaya hidup hemat di perkotaan? Tidak dapat disangkal bahwa kesehatan itu mahal. Jika Anda tidak menjaga kesehatan Anda, Anda mungkin harus menghabiskan banyak uang setiap bulan untuk biaya pengobatan. Tentu saja, ini bertentangan dengan cara hidup ekonomi. Menjaga pola hidup sehat, seperti berolahraga secara teratur dan mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi, merupakan cara mudah untuk menjaga kondisi tubuh tetap bugar dan tentu saja menjaga keuangan Anda dalam ambang batas yang sehat.

11. Hemat dengan cara yang disiplin

Bagi yang sudah mengikuti tips-tips sebelumnya dengan cermat dan teliti, namun masih merasa situasi keuangannya belum berada di tempat yang aman untuk aman, cobalah untuk menabung. Jika Anda ingin hidup hemat di perkotaan, menabung sangatlah penting. Untuk memulainya, Anda tidak perlu menabung 30 hingga 50 persen dari penghasilan Anda. Mulailah dengan jumlah yang cukup terukur namun konsisten. Karena konsistensi ini, Anda juga akan tertarik untuk memperbaiki diri agar bisa lebih cepat mencapai tujuan keuangan Anda di masa depan. Dengan disiplin menabung, Anda memahami pentingnya berjuang untuk masa depan yang lebih baik, lebih aman, dan lebih nyaman. Apalagi bagi mereka yang tinggal di perkotaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *