Begini Cara Yang Benar Mendongkrak Mobil Sedan,, Di Simak Ya???

Begini Cara Yang Benar Mendongkrak Mobil Sedan,, Di Simak Ya???,,, Pemilik mobil sedan roda empat perlu mengetahui cara mengangkat mobil agar tidak merusak sasis dan bodi mobil. Lantas bagaimana cara mengangkat/mendongkrak sedan yang baik dan benar?

Agar dongkrak dapat digunakan sesuai standar dan tidak berbahaya maka diperlukan kemampuan untuk mengangkat mobil sedan atau mobil jenis lain.

Berikut cara mengangkat/mendongkrak sedan dengan benar, seperti dikutip dari situs resmi Auto2000

1. Periksa kondisi dongkrak sebelum digunakan

Sangat penting untuk memeriksa kondisi dongkrak sebelum menggunakan perangkat. Pemeriksaan dilakukan untuk memastikan bahwa semua komponen peralatan ini dalam kondisi baik dan masih utuh.

Periksa oli atau komponen pendukung dongkrak lainnya yang hilang.

Jika Anda melihat masalah atau sesuatu yang aneh dengan jack, jangan menggunakannya. Keselamatan adalah yang utama, jadi jangan memaksakan diri untuk menggunakan dongkrak jika dalam kondisi buruk.

2. Pastikan Anda mengangkat mobil pada permukaan yang rata

Sebelum menggunakan dongkrak, perhatikan posisi atau tempat memarkir mobil di tanah yang datar.

Hal ini diperlukan untuk menghindari mobil pada permukaan ban yang miring, ketidakseimbangan permukaan tempat mobil diparkir dapat menyebabkan bahaya seperti jatuh dari mobil.

3. Identifikasi titik dongkrak pada mobil

Setiap mobil memiliki titik dongkrak yang berbeda, yang ditentukan oleh desain dan dimensi mobil yang disesuaikan dengan desain sasis. Untuk mengetahuinya, lihat manual untuk mobil Anda. Setiap pabrikan mobil menyediakan dongkrak pada sasis yang paling kuat untuk menopang bobot mobil.

BACA JUGA:  Cara Termudah Untuk Melacak Nomor Ponsel Lewat Internet

Biasanya, setiap mobil memiliki empat dongkrak, dengan dua dongkrak pertama terletak di sasis di belakang roda depan. Sedangkan dua titik dongkrak lainnya terletak pada sasis roda belakang.

Dongkrak depan biasanya berada di bawah celah antara spatbor depan dan pintu depan. Di bagian belakang, terletak di antara pintu belakang dan spatbor belakang. Kedua posisi ini sering digunakan pada model sasis monocoque sebagai tangga.

4. Pastikan mobil tidak dinaikkan terlalu tinggi

Menggunakan dongkrak yang salah dapat membuat Anda berisiko mengalami kerusakan pada mobil atau bahkan cedera dan kecelakaan lainnya. Oleh karena itu, Anda harus memperhatikan posisi mobil saat mulai menggunakan dongkrak. Pastikan posisi mobil tidak terlalu tinggi seperti posisi pada dongkrak.

Batas panjang dongkrak hanya 10 hingga 15 cm. Karena jika Anda mengangkat sedan terlalu tinggi, posisi mobil tidak akan seimbang. Sedangkan jika posisinya terlalu rendah, proses perbaikan mobil sulit atau tidak mungkin dilakukan.

Begitu dongkrak menyentuh titik tumpuan, tarik perlahan tuas dongkrak hingga mobil berada pada posisi yang benar dan baik. Kemudian, untuk memulainya sebagai siap, Anda hanya perlu memutar kunci hidrolik perlahan ke kiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *