BerInvestasi Dengan Aman

3 Hal Yang Paling Penting Diketahui Supaya Dapat BerInvestasi Dengan Aman

3 Hal Yang Paling Penting Diketahui Supaya Dapat BerInvestasi Dengan Aman,,,Milenial semakin paham tentang investasi. Hal ini dapat dilihat dari tren investasi yang berkembang di kalangan milenium selama epidemi.

Namun, beberapa investor tidak disesatkan dalam investasi mereka. Banyak yang melihat investasi sebagai cara untuk mendapatkan keuntungan besar dalam jangka pendek. Itu tidak terjadi.

Pendiri dan CEO Coffee Theo Derek Investing tidak bisa cepat, butuh waktu. Anda harus mulai berinvestasi dalam hal itu mulai sekarang.

“Kemarin adalah waktu terbaik untuk berinvestasi, dan yang kedua adalah sekarang,” kata Theo seperti dikutip Jenius Co.Create.

Hal ini juga membutuhkan persiapan yang matang untuk mendapatkan hasil yang terbaik. Di awal April, beliau berbicara tentang apa yang harus dipersiapkan untuk memulai investasi di salah satu kegiatan Co.Create Club yang diadakan di Liberica Mal Kota Kasablanka Jakarta pada awal april.

1. Fondasi Keuangan Harus Kuat

Menurutnya, hal utama yang harus diperhatikan sebelum berinvestasi adalah memperkuat basis keuangan. Triknya adalah menganggarkan uang Anda untuk manajemen yang baik. Jangan sampai penghasilan Anda lebih kecil dari pengeluaran Anda.

TheO menunjukkan bahwa ada pembayaran yang sehat dengan 20-25% dari pendapatan. Juga, cobalah untuk memiliki perlindungan asuransi. Dan jangan lupa siapkan dana darurat 6-12 kali pengeluaran bulanan Anda.

“Memiliki basis keuangan yang kuat adalah suatu keharusan karena investasi dapat mempengaruhi arus kas,” ujarnya.

2. Pengetahuan Tentang Instrumen Investasi

Dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat, jenis instrumen investasi menjadi semakin beragam. Salah satu yang cukup populer dan digemari adalah investasi saham. Namun, sebagai permulaan, ada baiknya memilih investasi di reksa dana yang relatif sederhana dan aman karena risikonya yang minimal.

BACA JUGA:  Bagaimana Cara Kerja Asuransi Rumah? Yuk Cari Tahu

Instrumen reksa dana juga terbagi menjadi beberapa jenis yang masing-masing memiliki kelebihan dan risiko yang berbeda. Ada reksa dana pasar uang yang bisa dijadikan alternatif dana penyelamat karena risikonya rendah, likuid dan berjangka pendek (kurang dari 1 tahun).

Selain itu, terdapat dana investasi pendapatan tetap dengan risiko sedang dan dapat dilunasi serta dana ekuitas yang cocok untuk investasi jangka panjang di atas 5 tahun. Terakhir, ada reksa dana campuran, dengan risiko dan imbalan sedang hingga tinggi. Untuk membantu Anda menentukan jenis reksa dana yang tepat, periksa dulu tujuan investasi Anda dan pelajari lebih lanjut tentang profil risiko Anda.

3. Ketahui Perbedaan antara Trading dan Investasi

Selain itu, Theo mencatat banyaknya investor yang tidak berinvestasi di saham. Ia mengatakan kebanyakan investor tidak bisa membedakan antara trading dan investasi.

Sederhananya, jika perdagangan adalah perdagangan saham yang lebih aktif. Inilah yang disebut “jualan”, tentunya Anda harus menghabiskan banyak waktu untuk indeks saham yang fokus mengamati harga. Transaksi juga bisa memakan waktu satu hari atau bahkan satu jam … lebih banyak waktu, kata Theo.

Apakah Anda siap untuk berinvestasi? Teliti dengan cermat sebelum menginvestasikan uang, salah satunya adalah untuk berpartisipasi dalam berbagai kegiatan Co.Create Club.

Untuk informasi lebih lanjut, Co.Create Club adalah acara yang diselenggarakan oleh Jenius Co.Create untuk membahas topik-topik terkini seperti keuangan, kehidupan, dan teknologi. Jenius Co.Create adalah komunitas yang didirikan pada tahun 2017 dan saat ini memiliki lebih dari 20.000 anggota. Di Jenius Co.Create Anda dapat berbagi ide, inspirasi, dan kreativitas untuk menghadirkan layanan keuangan yang lebih baik.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *