Daftar Kartu Prakerja
Daftar Kartu Prakerja

4 Cara Daftar Kartu Prakerja dan Syarat Pendaftarannya, Tahun 2022

Cara Daftar Kartu Prakerja, walaupun baru pertama kali mencoba mendaftar program ini, tidak terlalu sulit untuk dilakukan. Siapa pun yang memenuhi persyaratan dapat mencoba mendaftar ke pemerintah Indonesia.
Program ini sendiri sudah berjalan sejak tahun 2020 dan masih dilaksanakan hingga saat ini.

Apa itu pra-kerja?

Prakerja merupakan program yang khusus dijalankan oleh pemerintah Indonesia dan telah aktif sejak tahun 2020. Sejauh ini, program tersebut telah berjalan selama dua tahun dan telah memiliki banyak lulusan di masa lalu.
Tidak sedikit yang mendapatkan manfaat dari program ini dengan berbagi insentif dan pengetahuan secara langsung. Setiap anggota yang berhasil mengikuti program pra-kerja akan menerima kartu pra-kerja.

Kartu Prakerja ini merupakan bagian dari program pemerintah yang dirancang terutama untuk mengembangkan keterampilan dan kemampuan kaum muda. Memiliki keterampilan dan kompetensi yang lebih baik, terutama di usia produktif.
Untuk bersaing di dunia kerja dengan keterampilan dan kemampuan yang dimiliki. Namun, di penghujung tahun 2019, di saat dunia sedang dilanda krisis ekonomi yang melanda banyak negara, termasuk Indonesia.

Sebagai salah satu solusi untuk memperbaiki situasi ekonomi Indonesia, program pra-kerja mulai berjalan lebih cepat dari yang direncanakan. Pembelian kartu kerja nasional akan dilakukan dengan cepat untuk membantu pekerja yang diberhentikan.

Awalnya, program ini menyasar anak-anak sederhana dan efektif untuk meningkatkan keterampilan dan kemampuannya. Namun pada akhirnya, program ini diperuntukan bagi karyawan yang terkena pemutusan hubungan kerja (PHK) akibat wabah Covid-19.

Program yang diluncurkan pada April 2020 ini diharapkan dapat membantu para pekerja yang terkena dampak wabah tersebut. Serta generasi muda yang masih efektif dalam meningkatkan keterampilan dan kemampuannya secara aktif di bidangnya.

Pada 2020, pemerintah akan mengeluarkan dana hingga 1 triliun untuk mendukung program ini. Dan pada tahun 2021, pemerintah telah menggandakan pendanaannya selama setahun terakhir, mencapai hingga 20 triliun.

Ini berarti bahwa Anda lebih mungkin untuk mendapatkan kartu pra-kerja. Karena kuota yang dibuka lebih tinggi dari tahun lalu.

Peserta yang berhasil dapat memperoleh kartu pra-kerja karena mereka tahu cara mendaftarkan kartu pra-kerja dengan benar. Ia kemudian berhak memperoleh uang senilai Rp.3,5 juta dalam program ini.

Insentif atau dana tersebut tidak diberikan secara langsung tetapi bertahap dengan memberikan dana Rp.1 juta sebagai dana pelatihan. Kemudian Anda mendapatkan insentif setiap bulan dengan nilai nominal Rp.600 ribu.
Dan memberikan pelatihan bulanan selama 4 bulan. Maka Anda akan mendapatkan dana Rp.150.000 sebagai dana insentif survei.

Tujuan program pra-kerja

Sebelum Anda mengetahui cara mendaftar kartu prakerja untuk mendapatkan insentif dan pelatihan yang bermanfaat untuk mengembangkan keterampilan dan kemampuan di dunia kerja, terima dan lewati pilihan.

Berikut ini adalah tujuan dari program pra-kerja:

1. Memberikan Pelatihan Khusus

Indonesia merupakan salah satu negara terpadat di dunia, namun jumlah penduduk ini tidak sama dengan lapangan pekerjaan. Atau dengan kata lain, sangat sulit mendapatkan pekerjaan di Indonesia.

BACA JUGA:  Bagaimana Cara Mengetahui Kata Sandi WiFi Tetangga Indihome Anda?

Hal ini tidak hanya karena kurangnya lowongan di Indonesia tetapi juga kurangnya tenaga kerja yang berkualitas. Karena rata-rata tenaga kerja di Indonesia masih tergolong rendah.

Memang, Indonesia memiliki banyak orang muda dan sukses. Namun, kualitas tenaga kerja di negara ini sangat rendah sehingga sulit bersaing di dunia kerja.

Akibatnya, Indonesia dipenuhi tenaga kerja asing yang dianggap memiliki kondisi kerja yang lebih baik. Akibatnya, program pra-kerja diciptakan untuk meningkatkan keterampilan dan kemampuan orang Indonesia. Apalagi di musim produksi.

2. Meningkatkan Kwalitas SDM di Indonesia

Rata-rata angkatan kerja Indonesia masih tergolong rendah dan dianggap belum terkalahkan di dunia kerja. Oleh karena itu, bangsa Indonesia tidak boleh diperbudak di negaranya sendiri.

Oleh karena itu, program prakerja bertujuan untuk mengajak masyarakat Indonesia meningkatkan kualitas tenaga kerja di negeri ini. Melahirkan karyawan yang bertalenta, kreatif, kreatif dan benar-benar berorientasi pada kepemimpinan.

Mampu menguasai dunia kerja di negara asalnya bahkan mampu bersaing secara internasional di dunia kerja.

3. Membantu perekonomian masyarakat

Program pra-kerja mulai bertepatan dengan epidemi Covid-19, memaksa banyak orang kehilangan pekerjaan. Tanpa berpikir bahwa kita harus menghadapi krisis ekonomi yang parah.

Oleh karena itu, program ini dirancang untuk membantu pekerja yang terkena dampak epidemi Covid-19. Dengan memberikan insentif yang mungkin tersedia setelah pelatihan selesai. Insentif yang diterima sebesar Rp. 3,5 juta.

Dana ini tidak akan diberikan secara gratis tetapi hanya jika anggota pra-kerja telah berhasil menyelesaikan pelatihan. Oleh karena itu, dana yang diberikan tidak akan sia-sia karena bisa jadi sama berharganya dengan modal usaha.

Dan pelatihan yang diberikan akan membantu para anggota prakerja mengembangkan keterampilan dan kemampuannya khususnya dalam bidang kewirausahaan. Ini terutama berlaku di masa pandemi.

4. Temukan peluang kerja yang mudah

Anggota program pra-kerja akan menerima pelatihan yang diberikan oleh perusahaan yang terafiliasi dengan program ini. Tidak hanya pelatihan tetapi juga anggota memiliki kesempatan untuk membangun hubungan yang lebih besar.

Jadi, dengan cara ini, program pra-kerja akan membantu anggota mendapatkan lebih banyak kesempatan kerja.

Manfaat mengikuti program pra-kerja

Proses pendaftaran kartu pra kerja sangat sederhana, hal ini dilakukan agar semua orang dapat mengikuti dan mendapatkan hasil yang maksimal dari program ini. Mulai tahun 2020, manfaat berikut akan dirasakan oleh anggota yang mengikuti program prakerja, inilah beberapa manfaatnya :

-Ini membantu mengurangi biaya pelatihan karena ditanggung oleh pemerintah dan perusahaan patungan.
-Anda tidak perlu mengeluarkan uang untuk mendapatkan informasi berguna terkait pelatihan.
-Adanya ketimpangan yang membuat pekerja lebih mudah mencari pekerjaan.
-Dapatkan ilmu dan pelatihan paling berharga di dunia kerja secara gratis.

Kapan program pra-kerja dibuka?

Pada November 2021, program prakerja telah memasuki gelombang ke-22 dan akan dimulai pada 25 November 2021 dengan gelombang ke-22 ini. Ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi sebelum mempelajari cara mengajukan kartu prabayar.Karena banyak yang tidak lulus ujian, dikarenakan tidak benar-benar memperhatikan/membaca syarat yang ada.

BACA JUGA:  Kenali Indihome WiFi dan Keunggulannya

Secara umum, persyaratannya tidak terlalu rumit dan memberatkan masyarakat Indonesia. Kondisi eksak yang diberikan sangat sederhana karena tidak memerlukan persyaratan khusus.

Hal ini tentunya bertujuan agar setiap orang dapat mendaftar sebagai penerima kartu prakterja. Pertimbangkan banyak keuntungan dan keuntungan dari lulus pemilu dan mendapatkan kartu pra-kerja.

Manfaat pertama tentunya free training yang gratis bagi peserta di beberapa perusahaan besar dan ternama di Indonesia. Selain itu, dorongan yang diberikan dalam menghadapi krisis ekonomi saat ini sangat menggembirakan.

Untuk gelombang terbaru yang dibuka secara berkala, update terus informasi tentang program pra kerja di akun Instagram resmi prakerja, @ prakerja.go.id.

1. Insentif pra-kerja

Jika Anda telah berhasil menyelesaikan pendaftaran dan menerima kartu pra-kerja, Anda akan menerima insentif sebagai berikut:

-Dapatkan biaya pelatihan Rp.1 juta.
-Biaya untuk mendapatkan pekerjaan adalah Rp.600.000 diberikan setiap bulan selama 4 bulan. sehingga totalnya adalah Rp.2,4 juta.
-Dapatkan insentif untuk menyelesaikan review Rp. 50.000 setiap kali survei. Dan menawarkan hingga 3 kali survei.Dengan demikian, jumlah total yang diperoleh adalah Rp.150 ribu.

Jumlah insentif yang ditawarkan dapat langsung dilihat di dasbor pra-kerja. Jadi jangan lupa untuk melakukan pengecekan secara berkala.

2. Pemberian insentif

Insentif itu sendiri tidak diberikan sesekali tetapi selalu diberikan dalam rencana yang dirancang sedemikian rupa. Berikut ini adalah metode insentif pra-kerja:

-Jika Anda menyelesaikan pelatihan dengan sertifikat, insentif pertama akan diberikan.
-Ketika pelatihan awal berhasil diselesaikan, itu memberikan insentif untuk mencari pekerjaan. Kemudian insentif berikutnya adalah jika Anda telah menyelesaikan pelatihan kedua dan seterusnya.
-Selain itu, insentif diberikan dalam bentuk biaya survei jika penerima kartu prakerja meninjau fasilitas pelatihan di platform digital.
-Insentif hanya dapat dikirimkan jika Anda telah menambahkan nomor buku bank atau e-wallet ke rekening di situs resmi prakerja.go.id.
-Anda juga harus menggunakan nomor rekening dan e-wallet yang terdaftar serta nama dan NIK yang Anda gunakan sebagai penerima kartu prakerja.

Persyaratan pendaftaran kartu prakerja

Anda sudah mengetahui manfaat dan tujuan dari program prakerja yang tentunya akan memberikan banyak manfaat bagi penerima program ini sebagai karyawan dan masih berbadan sehat.

Namun sebelum Anda mendaftar, pastikan Anda mengetahui apa saja persyaratan pendaftaran kartu prakerja:

1.Syarat pertama benar-benar adalah warga negara Indonesia atau Indonesia.
2.Mereka sudah memiliki KTP dan harus berusia 18 tahun ke atas.
3.Ia saat ini tidak mengenyam pendidikan formal seperti sekolah dan perguruan tinggi.
4.Usia kerja dan pekerja yang sedang mencari pekerjaan atau diberhentikan.
5.Wirausaha.
6.Bukan aparat sipil atau ASN, TNI dan Polri. Ia juga bukan anggota DPR dan DPRD. Itu tidak termasuk pejabat pedesaan dan birokrasi, serta pejabat BUMN atau BUMD.
7.Dia tidak menerima bantuan pemerintah lainnya. Seperti BPUM, BLT dan bantuan lainnya.
8.Hanya dua NIK yang bisa didaftarkan dalam satu kartu keluarga.

BACA JUGA:  Apakah Mungkin Membuat Stiker WA Bergerak Tanpa Bantuan Aplikasi?

Cara Daftar Kartu Prakerja

Program pre-hire dibuka secara berkala dan pastikan Anda selalu up to date dengan berita terbaru dari website resmi atau akun Instagram.

Untuk mempersiapkan pembukaan gelombang baru pendaftaran, berikut adalah beberapa langkah untuk mendaftar sebagai penerima kartu sebelum perekrutan. Namun pastikan Anda juga memenuhi persyaratan di atas untuk menentukan pilihan.

1. Buat akun

Langkah pertama yang perlu dilakukan sebelum mendaftar adalah membuat akun sebelum melakukan perekrutan di situs resminya. Metode ini sangat penting bagi mereka yang mencoba mendaftar untuk pertama kalinya.

Tetapi jika Anda sudah memiliki akun, Anda dapat melewati langkah ini, yaitu:

-Buka situs resmi prakerja program prakerja.go.id.
-Kemudian masukkan nama pengguna, alamat email, dan kata sandi Anda di bidang yang disediakan.
-Klik Daftar untuk membuat akun ya
-Selesai dan sekarang Anda telah berhasil membuat akun pre-hire yang dapat dibuka untuk mendaftar batch berikutnya.

2. Pendaftaran

Jika Anda telah berhasil membuat akun pra-kerja, langkah Anda selanjutnya adalah mendaftar di program pra-kerja. Kesempatan datang hanya sekali seumur hidup, jadi bagi yang memenuhi syarat jangan sampai ketinggalan.

Siapkan ID Anda untuk pendaftaran, karena ini adalah persyaratan wajib untuk pendaftaran dalam program sebelum bekerja:

-Isi kolom KTP dengan nomor NIK.
-Centang NIK lalu klik Next.
-Kirimkan foto ID Anda dan foto bersama dengan ID Anda.
-Masukkan nomor ponsel dan periksa.
-Jika semua kolom sudah terisi, Anda bisa langsung klik kirim.
-Setelah itu Anda akan ditanya beberapa pertanyaan seperti “Apakah Anda pernah bekerja sebelumnya?” Dan beberapa pertanyaan ringan, pribadi, dan terkait pekerjaan.
-Jawablah semua pertanyaan dengan jujur karena akan menyangkut pelatihan yang akan Anda lalui nanti.

3. Ikuti tes, pilih dan lulus

Jika Anda berhasil lulus dari program kerja sebelumnya, ikuti tes minat dan keterampilan yang akan dilakukan secara online. Jika sudah selesai maka akan dibuat batch selanjutnya untuk memenuhi kebutuhan dan akomodasi.

Harap pastikan semua detail yang diberikan sudah benar untuk melanjutkan ke langkah pendaftaran berikutnya. Kemudian tinggal menunggu tim kartu prakerja menyelesaikan proses penilaian.

Jika Anda lulus tes, Anda akan menerima pemberitahuan di akun pra-sewa Anda yang mengonfirmasi bahwa lot, periode, dan area yang dipilih sudah benar. Dan jika itu benar, Anda dapat mengklik bergabung.

Kemudian Anda tinggal mengikuti kurikulum yang sudah tersedia sesuai dengan kelompok dan wilayah yang dipilih.

4. Dapatkan Insentif

Setelah menyelesaikan program pelatihan, anggota akan diberikan beberapa pentingnya dalam mengevaluasi kinerja mereka. Dan insentif juga tersedia setelah pelatihan selesai.

Tinjau pelatihan terakhir Anda untuk mendapatkan biaya survei.

Jumlah bonus itu sendiri akan muncul di akun Anda sebelum Anda menyewa papan dan bonus akan dibayarkan secara berkala. Insentif akan dikirimkan ke rekening bank dan e-wallet sesuai nama penerima kartu prakerja dan NIK.

Jadi Anda tidak dapat menggunakan akun atau e-wallet orang lain untuk menarik insentif Anda.

Terbukti jika pendaftaran kartu prakerja cukup mudah asalkan memenuhi persyaratan, Anda pasti akan terus mendaftar sebagai penerima kartu prakerja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *