Cara Membuat Ragi Tape, Sederhana dan Bahannya Mudah

Cara Membuat Ragi Tape, Sederhana dan Bahannya Mudah

Cara Membuat Ragi Tape – Siapa yang tidak pernah mendengar tentang jajanan tape? Jajanan ini pasti sudah tidak asing lagi bagi Anda, khususnya orang Indonesia. Hampir seluruh daerah di Indonesia menawarkan menu jajanan tape dengan berbagai macam nama dan jenis.

Ada tape singkong, tape ketan, dan tape nasi yang paling populer. Tape merupakan makanan ringan yang dibuat melalui proses fermentasi. Ragi diperlukan untuk membuat tape. Meskipun tersedia untuk dibeli, Anda dapat membuatnya di rumah karena bahannya sederhana dan prosedurnya mudah.

Alat & Bahan Membuat Ragi Tape

Tentu saja, langkah pertama adalah mengumpulkan alat dan bahan yang diperlukan. Alat dan bahannya cukup sederhana dan mudah didapat; Anda dapat menemukannya di rumah Anda sendiri.

Baskom berukuran sedang, pisau, talenan, nampan penampi untuk mengeringkan ragi tape, meteran plastik untuk tikar penampi, pengocok atau blender, dan sapu jerami adalah beberapa peralatan yang dibutuhkan.

Siapkan bahan-bahannya antara lain 1 kg tepung beras, 25 g lengkuas, 2 siung bawang putih, 1 ons singkong, 1 jeruk nipis, 10 g gula pasir, 1 liter air bersih, dan dua butir ragi sebagai starter. Untuk pengetahuan Anda, mendapatkan ragi pasar tidak sulit; yang harus Anda lakukan adalah membelinya di pasar. Biasanya dijual di kios-kios yang menjual bahan roti atau toko kelontong.

Cara Membuat Adonan Ragi Tape

Membuat adonan ragi adalah tahap selanjutnya. Bawang putih, lengkuas, jeruk nipis, dan umbi-umbian semuanya harus dikupas terlebih dahulu. Kemudian haluskan setelah dicuci sampai bersih.

Anda tidak perlu menggilingnya menggunakan alat standar seperti lesung, parutan, atau alat gerinda lainnya. Anda juga dapat menggunakan penggiling atau blender dalam keadaan darurat.

BACA JUGA:  Hal Yang Membuat Allah Murka, Jika Bangun Tidur, Melakukan Ini ...???

Pindahkan bahan yang sudah dihaluskan ke dalam wadah dan tambahkan tepung beras sedikit demi sedikit sambil diaduk. Aduk air setelah memastikan tepung beras dan bumbu tercampur rata.

Air ditambahkan sedikit demi sedikit hingga adonan memiliki tekstur kental, tidak encer. Jika adonan sudah mengental, taburi dua butir ragi komersial yang sudah dihaluskan di atasnya.

cara membuat ragi tape

Persiapan Adonan Ragi Tape

Adonan ragi tape yang telah ditaburi ragi pasar harus disimpan pada suhu kamar selama dua sampai tiga hari, antara 240 dan 260 derajat Celcius. Karakteristik adonan ragi yang matang, di mana jamur dan jamur telah menguasai adonan.

Prosedur ini harus dilakukan di tempat terbuka, tanpa kain atau plastik menutupi bagian atas baskom. Juga, pastikan adonan belum ditangani atau apa pun telah dimasukkan ke dalamnya.

Ketika ragi telah ditumbuhi jamur dan lumut setelah tiga hari, Anda harus membersihkannya dari kotoran dan memeras airnya. Kotoran dan air tidak ditemukan dalam ragi yang baik. Jika ragi mengandung air atau kotoran, selotip yang Anda buat dapat membusuk lebih cepat atau gagal dimasak dengan benar.

Pengeringan Adonan Ragi Tape

Setelah dibersihkan dan ditiriskan ragi tape harus dijemur di bawah sinar matahari agar tidak membusuk dan lebih mudah digunakan. Sebelumnya, Anda harus membuat adonan berbentuk bulat dan pipih dari ragi tape.

Adonan ragi akan lebih cepat kering dengan cara ini. Jangan lupa untuk menyiapkan peralatan Anda untuk digunakan sebagai media pengeringan.

Penampi atau baki khusus dengan dimensi besar dan lebar dapat digunakan. Potong meteran plastik menjadi dua untuk digunakan sebagai alat penampi atau nampan, lalu susun adonan ragi menjadi lingkaran-lingkaran datar. Untuk mengeringkan adonan dengan cepat, letakkan di bawah sinar matahari langsung.

BACA JUGA:  Manfaat Kacang Panjang Bagi Bumil

Ada baiknya untuk mengeringkan ragi di atas ubin atau di halaman depan agar lebih mudah mengambil ragi saat sudah kering. Biasanya membutuhkan waktu satu hingga dua hari untuk mengering. Saat membuat tape ragi, cuaca juga menjadi faktor.

Penyimpanan dari Ragi Tape

Setelah ragi tape mengering, simpan dalam wadah kedap udara. Ragi tape dapat dibuat lebih kuat dan tahan lama dengan menyimpannya dengan benar. Ragi harus disimpan dalam wadah kedap udara yang terbuat dari aluminium foil.

Ragi tape dapat bertahan selama satu tahun dengan cara ini. Jika Anda hanya menggunakan wadah plastik, semuanya berbeda. Ragi tape hanya bisa disimpan dalam wadah plastik selama tiga bulan.

Ragi padat harus disimpan di lemari es pada suhu di bawah 5 derajat Celcius setiap saat. Ragi padat yang disimpan pada suhu kamar atau suhu tinggi akan cepat rusak dan menjadi tidak aktif. Tape tidak bisa dibuat dari ragi padat yang sudah tidak aktif lagi.

Ragi tape yang rusak memiliki ciri-ciri yang dapat diperhatikan pada kondisi saat ini di dalam wadah. Jika ada remah-remah, ragi tidak dalam kondisi baik. Ragi menjadi kurang aktif ketika ada lebih banyak remah dalam wadah.

Anda dapat langsung mencoba membuat tape dengan ragi buatan sendiri untuk melihat apakah Anda berhasil membuat tape yeast. Anda telah berhasil membuat ragi tape jika tape sudah matang dengan rasa yang manis dan sedikit encer. Jika Anda tidak berhasil pertama kali, ulangi prosedur di atas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *