New Toyota Hiace dan Truk Dyna

Tampilan New Toyota Hiace dan Truk Dyna Terbaru Dilengkapi Dengan Mesin Euro 4

Sesuai peraturan pemerintah, PT Toyota-Astra Motor (TAM) meluncurkan New Toyota Hiace dan Truk Dyna yang dilengkapi mesin diesel dengan standar polusi Euro 4. Keduanya diberikan dalam rangka memenuhi tuntutan sektor komersial dan untuk mendongkrak perekonomian nasional.

New Toyota Hiace diluncurkan untuk memenuhi kebutuhan industri pariwisata, perjalanan, kesehatan, dan lainnya, menurut Susumu Matsuda, Presiden Direktur PT Toyota -Astra Motor (TAM).

“Sementara itu, New Dyna diperkenalkan untuk memenuhi kebutuhan kendaraan logistik dengan mesin berperforma tinggi dan desain yang lebih macho,” kata Matsuda dalam keterangan resminya.

Toyota Hiace Commuter dibekali mesin 2.982 cc 1KD-FTV yang menghasilkan tenaga 136 PS pada 3.400 rpm dan torsi 30,6 kgm antara 1.200 hingga 2.400 rpm. Hiace Premio, di sisi lain, ditenagai oleh mesin 2.800 cc 4-silinder VNT Intercooler 1GD-FTV yang menghasilkan 176,8 PS pada 3.400 rpm dan torsi 42,8 Kgm antara 1.400 hingga 2.600 rpm.

Baca Juga: Mengenal 5 Merk Mobil Listrik Terbaik dan Keunggulannya

Toyota Dyna baru tersedia dalam tiga model: 115 ST 4×2 5 MT, 136 HT HI-GEAR 4X2 6 MT, dan 136 HT HI-GEAR 4X2 6 MT (PTO). Mesinnya juga baru, yakni N04C-W dengan kapasitas 4.000cc.

Seri 115 menghasilkan 115 tenaga kuda pada 2.500 rpm dan torsi 36 kg antara 1.200 dan 2.200 rpm. Seri 136 memiliki output tenaga 136 PS pada 2.500 rpm dan output torsi 40 Kgm pada 1.400 – 2.500 rpm.

Transmisi manual 5 percepatan masih digunakan pada New Dyna 115 Series, sedangkan transmisi manual 6 percepatan digunakan pada Seri 136.

Landasan pacu yang diperluas juga digunakan untuk meningkatkan GVW (Gross Vehicle Weight) guna memenuhi permintaan klien akan kemampuan New Dyna untuk mengangkut kargo sesuai dengan persyaratan Zero ODOL (Over Dimension and Over Loading).

BACA JUGA:  Kandidat World Car Awards 2022 Didominasi Mobil Listrik

GVW Seri 115 tumbuh dari 5,2 menjadi 5,4 ton, sedangkan GVW Seri 136 naik dari 8,25 menjadi 8,6 ton.

“Kami berharap kehadiran New Toyota Hiace dan Truk Dyna dapat membantu pemerintah Indonesia mengurangi emisi CO2 di masa mendatang,” ujar Henry Tanoto, Vice President Director PT Toyota Astra Motor.

Tampilan dan Fitur Baru

New Toyota Hiace dan Truk Dyna tidak hanya mendapatkan mesin baru, tetapi mereka juga mendapat perombakan di bagian luar dan fasilitas baru untuk membantu kenyamanan berkendara.

Hiace Commuter 16-seater telah menerima beberapa sentuhan baru. Kaca Luar Baru Elektrik yang Dapat Ditarik, Foglamp LED Baru, dan pilihan warna Silver Metalik dan Putih tersedia di bagian luar.

Baca Juga: Menjelajahi Spesifikasi Honda Giorno, Inovasi Skuter Unik yang Rilis Tahun 2022

Dibantu dengan Sensor Parkir Baru untuk mempermudah parkir. Ada juga fungsi Pengisian USB dengan hingga empat koneksi untuk memastikan bahwa semua penumpang dapat mengisi daya smartphone mereka.

Hiace Commuter juga dilengkapi dengan fitur keselamatan termasuk 3-Point Seat Belt di semua kursi, Dual SRS Airbags, dan rem ABS+BA dengan cakram cakram di roda depan.

Pembaruan dari Truk Dyna menampilkan Desain Tampilan Lebih Tangguh pada bumper dan gril depan, serta lampu depan dan panel bodi depan baru. Logo Toyota yang lebih besar, Desain Baru dengan Foglamp Lensa Warna Putih, dudukan spion sewarna bodi, stiker grade, dan stiker EURO 4 sebagai penanda semuanya mematuhi aturan pemerintah.

Perubahan kecil dilakukan pada interior, termasuk desain baru untuk blower AC dan booster ventilator. Lalu ada desain baru pada center cluster dan mobile stand, serta letak laci penyimpanan baru di bawah dashboard dan cover jok berwarna coklat tua dengan pola desain baru.

BACA JUGA:  5 Cara Merawat Mobil untuk Memperpanjang Masa Pakai dan Mesin Tetap Bandel

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *