Fitur Yang Akan Segera Tersedia Di WA Web Dan Pelajari Lebih Dalam Tentang WA Web App

Mengenal Lebih Dalam Aplikasi WA Web

Sebelum mendownload atau menggunakan WA Web app, Anda harus mengetahui dulu apa itu WA Web, cara kerjanya, apakah aplikasinya sama dengan WA versi biasa untuk smartphone, dan di perangkat apa WA Web bisa digunakan.

WhatsApp adalah aplikasi pesan yang dapat diinstal pada perangkat mobile seperti BlackBerry, iOS dan Android. Dengan aplikasi ini, mengirim dan menerima pesan bisa lancar saat Anda dan penerima terhubung ke Internet.

WhatsApp juga dapat digunakan untuk melakukan panggilan suara atau video ke kontak Anda. WhatsApp Web atau WA Web adalah aplikasi yang sama tetapi dirancang untuk digunakan pada perangkat yang berbeda, terutama komputer.
Meskipun keduanya adalah WhatsApp, ada perbedaan luar biasa antara aplikasi WA untuk perangkat seluler dan aplikasi WA untuk perangkat komputer.

Syarat Penggunaan WhatsApp Web

Yang membedakan dengan aplikasi web WA adalah Anda dapat mendownload web WA atau menggunakan halaman web WA melalui aplikasi browser di perangkat keras. Sebelum menggunakan WA Web, sebaiknya pahami dulu beberapa istilah, yaitu:

1. WA Web hanya dapat digunakan jika Anda sudah memiliki akun WA yang terdaftar di perangkat seluler Anda baik untuk perangkat iOS maupun Android. WA for mobile bisa di install di Android 4.0.3 dan iPhone dengan sistem operasi minimal iOS 9.

2. Jika belum memiliki akun WhatsApp, syarat mutlak yang harus dipenuhi adalah membuat akun WhatsApp baru di aplikasi WA versi mobile yang sudah terpasang di perangkat Android dan iOS. Menggunakan aplikasi WA Internet tidak mungkin tanpa akun WA.

3. Koneksi internet ke perangkat komputer harus lancar dan kuat. Jika Anda tidak ingin mengunduh aplikasi, Anda memerlukan aplikasi browser web versi terbaru dan terbaik untuk menggunakan WA Web tanpa masalah.

BACA JUGA:  7 Aplikasi Proyektor Terbaik untuk Android dan iPhone Tahun Ini (2022)

Aplikasi versi web WA dapat diunduh dari browser apa pun dan diinstal di komputer. Tetapi jika Anda tidak memiliki cukup ruang atau ingin menggunakan WA Web tanpa menginstal aplikasi tambahan, gunakan browser Chrome, Opera, Safari, Firefox, atau Edge terbaru.

Web WA tidak dapat digunakan untuk membuat akun WhatsApp baru. Aplikasi ini hanya menampilkan kode QR yang memerlukan pemindaian dengan aplikasi WA yang terpasang di perangkat seluler.Nantinya akan muncul WA handphone di aplikasi web WA di komputer desktop atau laptop.

Berbagai Fitur Dalam Aplikasi Web WA.

Hal lain yang perlu Anda ketahui sebelum mengunduh WA Web dan menggunakan aplikasi ini adalah berbagai fitur yang tersedia di WhatsApp Web.

Aplikasi WA Web dan WA smartphone memiliki fitur yang kurang lebih sama, namun ada juga perbedaan antara kedua versi tersebut.

Dengan memahami fitur apa saja yang tersedia dan apa yang tidak tersedia di WA Web, Anda dapat mengevaluasi seperti apa tampilan aplikasi ini dan apa perbedaannya.

1. Kirim Pesan Pribadi dan Grup

Seperti versi smartphone, WA Web memungkinkan Anda mengirim dan menerima pesan. Karena ini terkait dengan keyboard, Anda dapat menulis pesan dan mengirimkannya ke kontak Anda atau ke grup atau grup yang sudah ada yang baru saja Anda buat.
Untuk membuat pesan WA baru, Anda dapat memasukkan nama penerima di kolom pencarian atau memulai awal yang baru. Klik pada kontak yang muncul dan kemudian mulai mengetik pesan yang diinginkan di panel kanan. Untuk membuat grup baru, klik tiga titik di sudut kanan atas dan pilih grup baru.
Pilih kontak yang ingin Anda tambahkan ke grup, tambahkan nama grup dan foto grup. Setelah membuat grup, mulailah menulis pesan untuk dikirim di panel kanan aplikasi web WA.

2. Manajemen Grup WA Yang Lebih Mudah

Aplikasi web WA memudahkan untuk mengelola obrolan grup. Anda dapat membuat grup hingga 256 orang, mengirim obrolan lebih cepat, dan berbagi video dan foto dengan lebih bebas.
Anda juga dapat dengan mudah menyesuaikan pengaturan grup. Misalnya, untuk mematikan pesan grup WA, klik grup WA hingga semua percakapan di grup tersebut muncul di panel kanan aplikasi web WA. Klik tiga titik di panel kanan untuk membuka pengaturan grup.
Pilih Bungkam pesan untuk mematikan pesan dari grup WA. Anda dapat membungkam obrolan grup hanya selama 8 jam, 1 minggu, atau selamanya.

BACA JUGA:  Cara Mengunduh dan Menggunakan JKN Seluler

3. Unduh Dan Bagikan Semua File Dengan Mudah

Banyak orang yang tertarik untuk mendownload WA Web karena lebih praktis menggunakan aplikasi ini, terutama saat mengupload dan mendownload berbagai data. Untuk membagikan dokumen, video, atau foto, cukup buka File Explorer dan temukan file yang ingin Anda unggah.
Kemudian buka aplikasi web WA dan klik salah satu chat yang akan mengirimkan data tersebut. Di File Explorer, seret file ke jendela WA Internet Chat, lalu tekan tombol Enter. File akan segera dikirim ke penerima. Ini lebih mudah dilakukan di desktop atau laptop.

4. Kirim Stiker, Emotikon, Dan Pesan Suara

Seperti aplikasi WhatsApp untuk perangkat seluler, Web WA yang berjalan di komputer Anda dapat digunakan untuk mengirim pesan suara atau pesan suara saat perangkat komputer Anda terhubung ke mikrofon dan, tentu saja, Internet.

Fitur pesan suara ini tidak akan berfungsi jika komputer yang Anda gunakan untuk mengakses WA Web App tidak memiliki mikrofon. Selain itu, semua stiker yang Anda unduh ke ponsel Anda dan semua stiker yang Anda pilih juga tersedia di Web WA untuk komputer Anda.
Sayangnya, jika teman mengirim stiker lucu, WA Web tidak menyediakan kemampuan untuk menyimpan stiker ke favorit. Anda hanya dapat melakukan ini di versi WA untuk smartphone.

5. Semua Fitur Chat Tersedia Di WA Web

Setelah mengunduh WA Web, Anda akan melihat semua fitur obrolan saat bertukar pesan dengan pengguna WhatsApp lainnya. Anda dapat membalas pesan dengan mengklik salah satu pesan dan kemudian memilih tombol Balas.
Di jendela Pesan Obrolan Lainnya, klik panah di sebelah pesan yang ingin Anda kirim dan pilih menu Pengalihan. Pilih beberapa pesan jika Anda ingin mengirim beberapa pesan sekaligus. Kemudian tekan tombol panah di sudut kanan bawah.
Pilih penerima pesan, lalu klik tombol kirim yang muncul pada ikon kertas datar. Semua pesan yang dipilih sebelumnya akan dikirim ke penerima yang Anda tentukan.

BACA JUGA:  4 Aplikasi Tangkapan Layar Laptop Gratis untuk Windows 7, 8, 10

6. Ubah Profil WhatsApp Anda

Seperti halnya WA smartphone, WA Web juga bisa digunakan untuk mengedit profil WhatsApp. Caranya klik gambar profil kamu di pojok kiri atas jendela web WA. Anda dapat dengan mudah mengubah gambar profil Anda, mengubah nama pengguna dan informasi status Anda.
Jika akun WA Anda yang terkait dengan Web adalah Akun Bisnis WA, Anda juga dapat mengubah beberapa detail, seperti nama perusahaan, kategori bisnis, deskripsi perusahaan, alamat perusahaan, alamat email, situs web, katalog produk, dan jam kerja.
Semua informasi ini dapat dengan mudah diubah berkat kontrol web WA sederhana di sisi kiri jendela web WA. Semua perubahan pada informasi profil Anda akan disimpan secara otomatis.

7. Lihat Informasi Kontak Atau Detail Untuk WA

Saat Anda membuka jendela notifikasi atau berbicara dengan seseorang, Anda akan melihat foto profil, nama profil, dan informasi tentang orang terakhir yang Anda lihat di bagian atas jendela web WA. Klik bagian ini untuk melihat profil WA lebih detail.
Unduh WA Web dan lihat seperti apa tampilan kontak di panel kanan jendela Web WA. Rincian seperti nomor telepon kontak, media dan file yang dikirim antara Anda dan kontak, serta informasi tentang grup yang sama, juga akan muncul di sana.

Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan dengan setiap kontak, yaitu menghapus obrolan, memberi tahu mereka tentang akun WhatsApp mereka, dan memblokir akun.
Fitur akan segera tersedia di WA Web

Saat ini beberapa fitur yang tersedia untuk smartphone di WA tidak terdapat di jaringan WA. Contohnya adalah panggilan suara dan video, yang masih tidak dapat dilakukan melalui jaringan WA, meskipun perangkat komputer terhubung ke kamera dan mikrofon.

Namun, saat ini pengembang WhatsApp masih mengembangkan WA Web untuk melakukan panggilan suara dan video lebih lanjut secara instan baik di WA untuk smartphone, tablet, dan PC.

Untuk menggunakan fitur panggilan ini, pengguna WhatsApp masih perlu bersabar hingga versi beta berhasil dioptimalkan untuk mengakses fitur panggilan di WA Web.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *