Tips Mengatasi Berkurangnya Kecepatan Indihome

Layanan dari indihome masih memiliki batas pemakaian normal. Jika melebihi batas , maka kecepatan akan berkurang cukup drastis. Oleh karena itu, Anda harus mengikuti beberapa tips di bawah ini.

1. Pantau penggunaan sehari-hari

Tips penggunaan indihome terbaik yang bisa diikuti siapa pun adalah pemantauan penggunaan harian. Biasanya hanya 10-20 GB yang harus digunakan dalam satu hari. Apalagi hanya membeli paket termurah.

Jika lebih, di akhir periode, kecepatan internet akan berkurang cukup signifikan. Oleh karena itu, disarankan untuk selalu membatasi penggunaan internet Anda selama satu hari. Ini adalah ide yang baik untuk menginstal beberapa jenis alat yang mendeteksi penggunaan internet.

Jadi dalam satu hari Anda bisa memantau dengan baik, kira-kira sudah berapa GB yang terpakai. Jika ada lebih, maka keesokan harinya konsumsinya harus dikurangi. Atau jika Anda tidak melebihi batas dalam satu hari, Anda dapat menggunakan sisanya di kemudian hari.

2. Hindari mengunduh file besar

Menggunakan Internet dari penyedia broadband Anda akan memberi Anda banyak manfaat. Salah satu kelebihannya adalah mudah mengunduh berbagai jenis file. Bahkan file berukuran besar pun dapat diunduh dengan mudah dan cepat.

Sayangnya, jika Anda mengunduh file besar setiap hari. Batas penggunaan yang dapat diterima akan lebih mudah dicapai. Kurang dari setengah bulan, kemungkinan besar kecepatan internet bisa diturunkan sehingga dia tidak bisa bergerak cepat.

Salah satu cara untuk menghindarinya adalah dengan membatasi unduhan Anda. Anda harus membatasi jumlah hal yang harus Anda unduh dalam satu hari agar kecepatannya tetap konstan.

BACA JUGA:  6 HP Samsung Terbaik 2022, Harga 1 Jutaan

3. Batasi Pengguna

Lebih baik membatasi pengguna dari Internet yang saat ini digunakan. Biasanya wi-fi akan sangat lambat jika digunakan lebih dari 5 orang dalam satu rumah. Selain itu, Anda memilih paket internet yang kecepatannya tidak terlalu tinggi.

Jika tidak ingin mengalami hal seperti ini, sebaiknya batasi dulu. Batasan ini untuk menghindari sejumlah besar pengguna yang menghabiskan terlalu banyak bandwidth. Selain itu, semua pengguna juga mengunduh secara bersamaan.

Selain membatasi pengguna, Anda juga dapat membagi wifi menjadi beberapa pengguna. Misalnya, Anda membagi pengguna pertama dengan kecepatan beberapa persen dan menggunakan sisanya sendiri. Jika Anda melakukan ini, kecepatan akan tetap stabil karena orang lain akan menggunakan jaringan bersama.

4. Pemeriksaan penggunaan mingguan

Terkadang seseorang tidak bisa mengontrol atau malas untuk mengontrol penggunaan internet sehari-hari. Jadi, daripada harus repot harus mengecek penggunaan internet harian Anda, Anda bisa mengganti cek Anda selama satu minggu setiap minggunya.

Misalnya, Anda mencetak maksimal 100 GB per minggu. Jika dalam waktu seminggu sudah terlampaui. Artinya, minggu depan perlu dilakukan penghematan agar kecepatan internet Anda tetap stabil saat digunakan untuk apa saja.

Jadi dari awal hingga akhir, kecepatan akan tetap stabil bahkan melebihi batas pemakaian normal. Anda tidak akan terkena FUP kedua, berkat kecepatan internet hanya hingga 40%.

5. Pakai Kata sandi

Biasanya wi-fi indihome akan memiliki kata sandi. Berkat ini, orang-orang yang tinggal di rumah dapat langsung menggunakannya begitu mereka memasuki rumah. Jika Anda melakukan ini, kecepatan internet Anda akan berkurang.

Selain itu, dapat digunakan tidak hanya oleh orang-orang yang tinggal di rumah. Terkadang orang lain di luar dapat menggunakannya serta wi-fi yang digunakan tidak memiliki pengamat atau kata sandi, sehingga sangat mudah untuk terhubung.

BACA JUGA:  Apakah Mungkin Untuk Transfer dari Shopeepay ke Gopay

Salah satu caranya adalah dengan memasukkan kata sandi. Selain itu, penggunaan password ini juga harus diubah secara berkala. Jadi orang yang dulu dan terhubung tidak akan bisa terkoneksi secara otomatis.

6. Pilih sesuai paket!

Seperti disebutkan di atas, sebenarnya ada beberapa jenis paket web indihome yang ditawarkan kepada semua orang. Setiap paket memiliki spesifikasi tersendiri, mulai dari kecepatan atau bandwidth yang ditawarkan. Hingga batas penggunaan minimum yang ditentukan.

Jika jumlah pengguna rumahan sedikit, bahkan menggunakan paket terkecil pun tidak akan menjadi masalah. Di sisi lain, jika ada banyak pengguna maka Anda perlu menggunakan paket yang lebih besar karena kecepatannya meningkat dan FUPnya juga besar.

Padahal, harga antara satu paket dengan paket berikutnya tidak membuat perbedaan yang signifikan. Jadi alangkah baiknya jika Anda bisa memilih paket yang paling sesuai atau masuk akal, namun tetap sesuai dengan anggaran Anda.

7. Hati-hati terhadap penyusup

Terakhir, hati-hati terhadap penyusup atau orang yang menggunakan jaringan utuh Anda untuk keuntungan mereka sendiri.

Jika mereka mendapatkannya, akan sulit untuk mendapatkan kecepatan tinggi karena mereka akan mengurangi bandwidth yang Anda miliki untuk mengunduh atau sejenisnya.

Oleh karena itu, disarankan untuk melakukan pemeriksaan harian. Dengan cara ini Anda bisa mengetahui apakah ada penyusup atau tidak. Selain itu, Anda juga perlu mengganti kata sandi secara rutin setiap hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *