Cara Mengunduh dan Menggunakan JKN Seluler

Tautan Unduhan: https://play.google.com/store/apps/details?id=app.bpjs.mobile

Jika Anda ingin menggunakan fitur JKN Mobile App, Anda harus mendaftar terlebih dahulu ke aplikasi tersebut. Berikut cara mendaftar JKN Mobile App:

1. Untuk pengguna baru yang mau mendaftar BPJS Kesehatan

Jika Anda ingin menjadi peserta JKN-KIS, Anda harus terlebih dahulu mendaftar ke BPJS Kesehatan melalui aplikasi BPJS Kesehatan. Di bawah ini adalah langkah-langkah pendaftaran:

-Download Aplikasi Mobile JKN melalui Play Store atau App Store.
-Kemudian klik Daftar lalu klik Daftarkan Peserta Baru.
-Kemudian baca persyaratan dan klik “Saya Setuju”.
-Silakan masukkan NIK E-KTP dan kode captcha, lalu klik Next.
-Detail Anda akan muncul nanti, dan keluarga Anda yang belum memiliki BPJS kesehatan, klik Next.
-Isi data pribadi Anda seperti yang diminta.
-Pilih fasilitas kesehatan pertama, kelas penyembuhan dan fasilitas kesehatan.
-Pada langkah selanjutnya, masukkan alamat email aktif dan pilih Simpan.
– Anda akan menerima nomor verifikasi melalui email ini. Salin nomor verifikasi ke Mobile JKN.
-Selain itu, Anda akan melihat data peserta terdaftar ditampilkan dan menerima nomor akun virtual melalui email.
-Langkah selanjutnya adalah membayar premi sesuai dengan nomor Virtual Account. Anda dapat membayar melalui bank, ATM, internet banking, kantor pos atau reseller BPJS.
-Jika sudah melakukan pembayaran, Anda sudah bisa menggunakan JKN Mobile App.

BACA JUGA:  10 Aplikasi Konversi Video Terbaik untuk Android dan iOS

2. Bagi peserta BPJS Kesehatan

Apabila anda telah menjadi peserta BPJS Kesehatan dan memiliki kartu JKN-KIS. Namun, jika Anda belum terdaftar di Aplikasi Mobile JKN, Anda dapat melakukan hal berikut:

-Download Aplikasi Mobile JKN melalui Play Store atau App Store.
-Kemudian klik aktivasi akun.
– Masukkan data seperti nomor KTP/NIK, nomor kartu BPJS, tanggal lahir, nama ibu kandung, alamat email, nomor handphone, password dan konfirmasi password.
– Data yang Anda masukkan harus sesuai dengan data yang Anda daftarkan sebelumnya di BPJS Kesehatan.
– Buka email untuk melihat kode aktivasi yang dikirimkan oleh sistem Mobile JKN.
-Jika sudah, silahkan masukkan kode verifikasi di bagian Verifikasi Pendaftaran Aplikasi Seluler JKN, lalu klik Verifikasi.
– Setelah berhasil menyelesaikan proses verifikasi, login dan gunakan fitur JKN Mobile App.

Manfaat menggunakan aplikasi seluler JKN

Anda sudah mengetahui beberapa fitur yang terdapat di aplikasi BPJS Kesehatan. Dengan menggunakannya, Anda akan merasakan cukup banyak kelebihannya, antara lain:

– Memudahkan pengguna dalam mencari informasi tagihan anggota keluarga yang terdaftar di BPJS Kesehatan. Karena ada fitur premium yang bisa menunjukkan sisa saldo terutang.
-Memudahkan pengguna untuk mengubah detail anggota yang terdaftar di Mobile JKN. Baik itu data email, alamat, nomor telepon fasilitas kesehatan. Anda tidak perlu lagi datang ke kantor BPJS Kesehatan untuk mengubahnya.
-Memudahkan pengguna untuk melakukan registrasi antrian online di fasilitas kesehatan tertentu. Pengguna cukup mendaftarkan antrian dengan smartphone.
-Memudahkan pengguna untuk mengecek ketersediaan tempat tidur di fasilitas kesehatan.
-Memfasilitasi pengguna untuk berkonsultasi dengan dokter, karena tersedianya titik konsultasi. Pengguna akan dapat menginformasikan dokter lebih bebas tentang penyakit mereka yang berhubungan dengan penyakit tersebut.

BACA JUGA:  Tidak Perlu Kesal, Ikuti Langkah Sederhana Ini Untuk Mengatasi Penyebab Shopee Error

Manfaat BPJS Kesehatan

Saat ini, banyak orang menggunakan BPJS Kesehatan bersama dengan aplikasi Mobile JKN. Karena ada banyak keuntungan yang dialami pengguna. Berikut manfaat menggunakan BPJS Kesehatan:

1. Murah

Biaya BPJS Kesehatan relatif murah. Namun meski murah, layanan yang diberikan kepada peserta tidaklah murah. Anda hanya perlu membayar premi bulanan untuk kelas 1 Rp. 60.000,-, kelas 2 Rp. 51.000,- dan kelas 3 Rp. 25.000,-

Berkat premi yang relatif murah ini, Anda sudah bisa mendapatkan pelayanan kesehatan lengkap. Mulai dari pemeriksaan, rawat inap, operasi, pengobatan, dan lainnya. Padahal, biaya persalinan dan cuci darah gratis bagi peserta.

2. Program wajib

BPJS Kesehatan merupakan program pemerintah Indonesia yang bersifat wajib bagi seluruh penduduk Indonesia. Hal ini telah diatur dalam undang-undang dan peraturan pemerintah yang mewajibkannya.

3. Kurangnya pemeriksaan kesehatan

Saat mendaftar asuransi swasta, biasanya terlebih dahulu Anda akan menjalani pemeriksaan kesehatan . Jika Anda memiliki penyakit serius dan berusia di atas 40 tahun, premi Anda akan lebih mahal lagi.

Selain itu, aplikasi kebijakan Anda mungkin ditolak. Namun, jika Anda mendaftar ke BPJS, Anda tetap bisa mendaftar di usia berapa pun dan tanpa pemeriksaan kesehatan. Sekalipun bayi yang masih dalam kandungan, juga sudah bisa didaftarkan.

4. Garansi seumur hidup

Kelebihan BPJS adalah cukup berani memberikan perlindungan seumur hidup bagi peserta. Berbeda dengan swasta yang biasanya memberikan perlindungan dengan usia maksimal 100 tahun. Bahkan kemudian, tidak ada bukti yang jelas bahwa asuransi swasta mencakup hingga 100 tahun.

5. Tidak ada pengecualian

Dalam asuransi swasta, seseorang dengan penyakit kronis mungkin mengalami penolakan. Jika diterima, premi yang lebih tinggi akan dikenakan. Namun, tidak ada pengecualian untuk BPJS.

BACA JUGA:  9 Aplikasi Pulsa Menjadi Uang, Tarik Cepat Dan Aman!

Selain itu, Anda bisa mendaftar BPJS tanpa menanyakan penyakit Anda. Sehingga prosesnya sangat mudah dan ringan untuk proses penyembuhan.

6. Perubahan data dapat dilakukan secara online

Bagian terbaiknya adalah Anda dapat melakukan perubahan data tanpa harus datang ke kantor BPJS. Karena bisa dilakukan secara online melalui aplikasi BPJS Kesehatan.

Mengingat semakin banyaknya peserta BPJS, oleh karenna itu dibuatlah aplikasi tersebut. Apalagi sejak munculnya virus Corona/Covid-19 yang mengharuskan masyarakat untuk melakukan social distancing. Dengan demikian, layanan BPJS dibangun secara online.

Kerugian BPJS Kesehatan

Ada juga kekurangan di balik semua kelebihan BPJS Kesehatan. Berikut ini adalah kekurangan dari BPJS Kesehatan:

1. Metode berlapis

Ada metode klaim berjenjang di BPJS Kesehatan. Kecuali dalam keadaan darurat, Anda harus memeriksakan penyakit Anda terlebih dahulu di fasilitas kesehatan 1.

Kemudian, jika pasien atau peserta BPJS perlu dirujuk ke rumah sakit, maka pasien hanya bisa ke rumah sakit yang bekerja sama dengan BPJS. Jika Anda memiliki asuransi lain, Anda bisa langsung ke rumah sakit bekerja sama dengan perusahaan asuransi Anda.

Memang, proses berobat ke rumah sakit dengan asuransi swasta lebih mudah dan cepat dibandingkan BPJS.

2. Hanya di Indonesia

Kerugian kedua adalah layanan kesehatan BPJS hanya melindungi Anda di Indonesia. Lain halnya dengan asuransi swasta, yang dapat melindungi kesehatan peserta rumah sakit di seluruh dunia.

3. Antrian

Jika Anda mencari pengobatan BPJS Anda harus mengantre terlebih dahulu sebelum dipanggil pada giliran Anda. Hal ini dikarenakan BPJS digunakan oleh hampir seluruh lapisan masyarakat di Indonesia untuk berobat. Wajar jika harus mengantri terlebih dahulu.

Nah, itulah seputar informasi bagaimana cara download dan menggunakan aplikasi BPJS Kesehatan. Anda sendiri sudah mengetahui banyak fungsi yang tersedia. Sehingga akan lebih memudahkan bagi Anda untuk mendapatkan layanan BPJS.

Jika Anda ingin menggunakan JKN Mobile App, Anda dapat mengunduhnya dari Google Play atau App Store. Aplikasi resmi BPJS sangat mudah ditemukan.

Dengan cara ini Anda dapat mengunduh dan menggunakan aplikasi BPJS Kesehatan yang sangat mudah dan cepat. Nikmati layanan dan fitur JKN Mobile App.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *