Aplikasi BPJS Kesehatan untuk Android,IOS,,,,,, Terbaru 2022

Saat ini, BPJS Kesehatan telah meluncurkan aplikasi yang memudahkan masyarakat dalam mengakses Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS). Dengan aplikasi BPJS Kesehatan, Anda bisa mendapatkan layanan yang Anda butuhkan tanpa harus keluar rumah. Dengan aplikasi ini Anda dapat menikmati fasilitas lengkap dan mudah serta berbagai fungsi.

Selain itu, nantinya peserta JKN-KIS tidak perlu lagi datang ke cabang BPJS dengan membawa kartu JKN untuk memastikan kepesertaannya. Anda pasti penasaran untuk mengetahui lebih lanjut tentang aplikasi ini. Silahkan lanjutkan membaca informasi di artikel ini sampai habis.

Mengenal aplikasi BPJS Kesehatan

Aplikasi yang dirancang oleh BPJS Kesehatan ini bernama Mobile JKN. Aplikasi JKN-KIS ini sangat memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi pesertanya.

Aplikasi mobile JKN memuat informasi lengkap tentang program JKN-KIS. Selain itu, anda juga dapat menggunakannya untuk mengubah detail peserta dan memeriksa biaya.

Peserta akan lebih mudah mengelola kepesertaan JKN-KIS tanpa harus mengunjungi unit BPJS kesehatan. Aplikasi ini akan memudahkan Anda karena fungsinya yang lengkap dan mudah digunakan.

Selain itu, Anda bisa mendapatkan informasi kesehatan terbaru di Aplikasi Seluler JKN ini.

Fitur aplikasi seluler JKN

Aplikasi BPJS Kesehatan ini menyediakan banyak fitur yang sangat memudahkan. Berikut adalah fitur-fitur dari Aplikasi Mobile JKN:

BACA JUGA:  13 Aplikasi Pengeditan Foto di HP: Dapat Diinstall dan Mudah Digunakan Pada Android atau Iphone

1. Informasi JKN

Fungsi Info JKN berguna untuk memberikan informasi yang lengkap. Seperti pendaftaran, sanksi, fasilitas, hak dan kewajiban peserta JKN serta manfaat yang diterima peserta.

2. Peserta

Aplikasi JKN Mobile juga menyediakan fitur yang dapat Anda akses untuk melihat informasi kepesertaan, mulai dari nama, tanggal lahir, nomor BPJS, hingga kelas dan lokasi fasilitas kesehatan. Selain itu, Anda dapat juga memantau informasi kepesertaan bagi anggota keluarga Anda.

3. Kartu Peserta

Selain itu, terdapat fitur kartu peserta yang menampilkan foto kartu peserta. Anda dapat menggunakan fitur ini jika Anda tidak membawa kartu BPJS Anda.

4. Ubah data peserta

Dengan fungsi ini Anda dapat mengubah detail Anda sebagai peserta. Anda dapat mengubah, misalnya nomor telepon, email,

fasilitas kesehatan, alamat surat, transfer ke fasilitas tingkat pertama dan perubahan kelas.

5. Pendaftaran peserta

Jika Anda ingin mendaftar sebagai peserta dan bukan Penerima Gaji, Anda dapat menggunakan aplikasi ini. Untuk mendaftar, cukup masukkan nomor KTP Anda.

Kemudian Anda akan menerima notifikasi ke alamat email yang telah terdaftar di aplikasi Mobile JKN. Untuk menggunakan layanan ini, Anda perlu mengaktifkannya melalui aplikasi. Setelah mendaftar sebagai peserta, masukkan nomor kartu JKN dan password pada login JKN.

6. Bonus

Fitur premi akan memudahkan Anda dalam melihat rekening iuran BPJS Kesehatan yang harus dibayarkan langsung oleh PBPU dan anggota keluarga.

7. Pemberitahuan Pembayaran

Fitur Catatan Pembayaran digunakan untuk menampilkan riwayat informasi pembayaran premi, denda, dan pembayaran seluler.

8. Pembayaran

Dengan fitur ini, Anda dapat melakukan pembayaran iuran BPJS kesehatan secara online. Anda juga dapat memilih dari metode pembayaran yang tersedia.

BACA JUGA:  10 Aplikasi Antivirus Android Terbaik

9. Registrasi cerukan otomatis

Fitur yang satu ini dapat memudahkan pesertanya dalam melakukan pembayaran iuran bulanan.

10. Riwayat layanan

Dalam aplikasi BPJS Kesehatan ini, Anda juga dapat melihat informasi riwayat kunjungan dan layanan peserta BPJS Kesehatan melalui fitur riwayat layanan.

11. Tes penyaringan

Skrining adalah fitur yang menampilkan riwayat kesehatan Anda untuk membantu Anda melihat potensi risiko penyakit. Hasil tes skrining dapat digunakan untuk konsultasi atau pemeriksaan lanjutan di fasilitas kesehatan primer.

12. Obat-obatan ditanggung oleh asuransi

Dengan fitur ini, Anda dapat menemukan informasi tentang obat-obatan yang sedang dalam perawatan. Anda juga dapat melihat nama obat, kandungannya, dan batasan obatnya.

13. Pendaftaran layanan

Dengan fitur ini, Anda dapat dengan mudah mendaftar ke FKTP dan Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjut (FKRTL) yang memiliki sistem antrian.

Selain itu, Anda juga dapat memberikan evaluasi atau kontribusi terhadap pelayanan yang diterima di FKTP.

14. Lokasi fasilitas pelayanan kesehatan

Fungsi yang tersedia pada aplikasi Mobile JKN antara lain informasi lokasi FKTP dan FKRTL. Anda juga dapat mengetahui alamat, fax dan nomor telepon kantor BPJS Kesehatan.

15. Periksa VA

Dalam aplikasi JKN Mobile ini, Anda juga dapat mencari nomor virtual account peserta berdasarkan NIK menggunakan fungsi VA Check.

16. Fungsi Pengaduan

Anda tidak perlu khawatir jika ingin mengadu atau mengadu. Karena aplikasi BPJS Kesehatan juga menyediakan fitur grievance atau keluhan yang terhubung dengan BPJS Kesehatan Center.

17. Program Relaksasi Tunggakan

Aplikasi ini menyediakan fungsi aplikasi untuk mendapatkan keringanan premi bagi peserta yang menunggak lebih dari 6 bulan.

18. Jadwal Kegiatan

Dengan aplikasi ini, Anda dapat melihat jadwal operasi berdasarkan nama yang terdaftar di Aplikasi JKN Seluler. Anda juga dapat melihat jadwal operasi di rumah sakit yang bermitra dengan BPJS Kesehatan.

BACA JUGA:  19 Game Terbaru dan Terbukti Dapat Menghasilkan Uang

19. Ketersediaan tempat tidur

Anda mungkin sudah tahu bahwa pengguna BPJS yang ingin berobat harus terlebih dahulu mengecek ketersediaan tempat tidur rumah sakit.

Aplikasi ini menyediakan fungsi yang dapat menunjukkan ketersediaan tempat tidur rumah sakit berdasarkan kelas. Informasi ketersediaan tempat tidur ini akan terus diupdate oleh pihak rumah sakit.

20. Konsultasi medis

Anda dapat menggunakan fitur ini untuk berkomunikasi dengan dokter di FKTP yang terdaftar. Pemberian fungsi konsultasi medis ini dimaksudkan untuk mendukung penerapan physical distancing selama masa pandemi.

21. Penilaian mandiri Covid-19

Fitur terbaru ini dibuat agar peserta JKN-KIS dapat berkonsultasi dan bertanya seputar kemampuan penularan Covid-19. Berkat self-monitoring Covid-19, Anda bisa mengetahui apa saja kemungkinan penyebaran virus Corona di tempat tinggal Anda.

Selain itu, Anda akan mendapatkan tips pemantauan kesehatan dengan melihat gejala penularan virus Corona.

Berikut 21 fitur keren yang tersedia di aplikasi BPJS Kesehatan. Fungsinya sangat banyak dan mudah bukan? Jadi Anda tidak perlu keluar rumah untuk menggunakan layanan BPJS.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *